fbpx
Cara Belajar

Cara Belajar Ala Bimbel RE dengan Cara yang Menyenangkan, Why Not?

Salah satu permasalahan dalam cara belajar yang ditemui pada anak adalah aktivitas belajar dinilai sebagai suatu aktivitas yang melelahkan dan membosankan. Oleh sebab itu mereka merasa terbebani dengan proses belajar khususnya di sekolah, benarkah begitu?.
Secara umum, hal ini dapat disebabkan oleh metode pembelajaran yang kaku, materi yang sulit dimengerti, lingkungan pembelajaran yang tidak kondusif. Sering ditemui juga bahkan dalam proses pembelajaran cenderung menegangkan, ditambah PR atau tugas rumah yang cukup banyak.
Selain hal-hal diatas, terdapat beberapa faktor penting yang dapat memengaruhi cara dan motivasi anak untuk belajar sebagai evaluasi untuk mewujudkan proses belajar yang menyenangkan. Mari kita bahas beberapa faktor tersebut:
Belajar dengan Cara yang Menyenangkan, Why Not

Cara Belajar Memperhatikan Waktu dan Tempat Belajar

Untuk sekolah formal, kebijakan sistem pendidikan di negara Indonesia sudah diatur sedemikian rupa sehingga anak wajib mengikuti jam belajar yang sudah diterapkan di masing-masing sekolah. Seperti contohnya beberapa sekolah swasta di Indonesia sudah menerapkan sistem full day school. Sedangkan untuk bimbel atau belajar tambahan, waktu belajar umumnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa.
Penentuan waktu belajar harus mempertimbangkan kondisi fisik dan fisiologis anak, karena secara langsung akan memengaruhi semangat dan kesiapan anak dalam menerima pelajaran. Sebagai contoh, apabila bimbel dilakukan pada malam hari setelah anak selesai sekolah, kondisi tubuh anak cenderung lelah dan penat karena aktivitas seharian. Sehingga belajar menjadi aktivitas yang melelahkan dan tidak akan berjalan efektif.
Penentuan waktu belajar, khususnya untuk aktivitas belajar diluar sekolah seperti bimbel atau privat perlu diatur secara tepat, dimana pada waktu tersebut anak seharusnya berada dalam kondisi fresh dan siap untuk menerima pelajaran. Begitupula dengan tempat belajar,
Kondisi tempat belajar yang tenang, sejuk, pencahayaan yang cukup, akan sangat berpengaruh pada efektifitas proses belajar mengajar. Dengan suasana belajar yang nyaman, penataan meja dan kursi serta penyusunan buku-buku yang rapih belajar menjadi menyenangkan, kan?

Interaksi Guru dan Siswa

Masa-masa sekolah khususnya pada usia SD merupakan pondasi bagi terbentuknya aktifitas perekaman memori otak dan pembentukan nilai-nilai karakter yang dapat bertahan hingga mereka dewasa. Masa ini adalah masa yang paling tepat untuk menumbuhkan benih-benih karakter yang positif pada anak. Untuk itu, guru sebagai mediator belajar anak sangat berperan penting dalam memfasilitasi hal tersebut.
Karena stimulus yang diberikan pada masa kanak-kanak akan berpengaruh pada kecerdasan kognitif maupun karakter di masa yang akan datang. Maka, perlu disikapi secara hati-hati apabila ada guru dengan kesan galak dan menakutkan. Mengapa? Karena bisa jadi anak akan membenci pelajaran yang diajarkan “guru galak” tersebut dan terbawa hingga mereka dewasa.
Interaksi antara guru dan siswa merupakan kunci penting bagi terlaksananya proses belajar mengajar yang efektif dan menyenangkan. Dengan interaksi yang baik, yaitu adanya proses komunikasi dua arah maka baik guru maupun anak akan dilibatkan dalam proses belajar yang mengarah pada suatu tujuan yang diinginkan. Tujuan pembelajaran yang diinginkan dalam hal ini adalah keberhasilan penyampaian dan penerimaan materi.

Metode Belajar

Pada umumnya, metode belajar di sekolah adalah guru menyampaikan materi, dan anak mendengarkan guru. Metode pembelajaran yang seperti ini cenderung akan membosankan dan mudah untuk dilupakan oleh anak. Selain menyampaikan materi pembelajaran, tugas guru adalah mengembangkan potensi anak dalam hal kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Perlu dibuat suatu metode belajar yang menarik, sehingga anak akan dengan senang hati melakukan aktifitas belajar. Beberapa metode yang menarik untuk diimplementasikan dalam kegiatan belajar mengajar diantaranya melalui gamification, experiment.
Metode belajar yang baik juga dapat melibatkan anak secara aktif dalam proses pembelajaran yaitu dengan cara bercerita dan dilatih untuk dapat menyampaikan pendapat.
Bimbel dan Privat Royal Education (Bimbel RE), merupakan salah satu tempat bimbel di Cimahi untuk SD, SMP, dan SMA dengan Sistem Semi Privat sebagai suatu tempat bimbel yang menerapkan prinsip bahwa belajar itu haruslah menyenangkan, Loh.

Kata Kunci Pencarian:

  • Cara Belajar Yg Baik
  • Cara Belajar Dengan Baik
  • Cara Belajar Quran
  • Cara Belajar Mengaji
  • Cara Belajar
  • Cara Belajar Membaca
  • Cara Belajar Efektif Di Rumah
  • Cara Belajar 10 Jari
  • Acara Belajar Di Tvri
  • Video Cara Belajar Mengaji
Baca Juga:  Bimbel Murah di Cimahi untuk SD, SMP dan SMA: Ayo Ikut Bimbel!