Bimbel & Privat Royal Education | Les Privat Bandung | Guru Privat datang ke Rumah

Bimbel Les Privat Bandung & Cimahi

Penawaran

Sabtu, 14 April 2018

Memilih Jajanan Sehat Untuk Anak di Sekitaran Cimahi

Tips Memilih Makanan

Memilih Jajanan Sehat Untuk Anak - Jangan harap bisa melarang anak jajan sembarangan bila ia tak tahu apa manfaat jajanan sehat dan apa saja jenisnya. Sebab, di sekolah, di lingkungan pergaulan, anak-anak mudah mendapatkan beraham jajanan yang menarik selera. Tidak semuanya berguna bagi tubuh si buah hati. Karena itu waspadai jajanan dengan ciri berikut ini:

1. Rasa
Ajarkan anak untuk memahami bahwa rasa terlalu gurih atau sangat tajam, tidak baik untuk tubuh. Misalnya snack yang terlalu gurih bisa jadi mengandung zat aditif berlebih. Jelaskan apa bahayanya dalam bahasa sederhana. Anda tidak perlu melarangnya secara membabi buta karena nanti si kecil akan mencoba secara sembunyi-sembunyi. Kalaupun mau memberikan keripik kentang, beri saja dalam kemasan kecil setelah ia makan kenyang. Berikan saat Anda ada sehingga bisa memantau asupannya.

Sebetulnya, masalah rasa  cuma perkara kebiasaan saja. Jika si kecil biasa makan sayur dan buah serta mengasup makanan sehat bebas aditif lainnya, tubuhnya akan menolak. Jadi jika ia ngemil sedikit saja keripik kentang ber-MSG, tubuhnya otomatis akan memberontak. Ketika ia merasa tak nyaman, dia paham bahwa junk food tak berguna.

2. Warna
Ajarkan anak untuk memilih makanan dengan warna senatural mungkin. Kue yang terlalu merah menyala bisa jadi dibuat bukan dari zat pewarna alami. Menarik dipandang tapi bisa menyisakan masalah di belakang hari. Beritahu bahayanya es krim, kerupuk ataupun snack dengan warna warni mencolok. Memang, anak-anak memang mudah tertarik dengan warna. Karena itu pancing perhatiannya dengan warna buah yang terang dan indah dipandang. Susun dalam bentuk menarik agar mereka paham bahwa makanan sehat pun bisa cantik dilihat dan enak dimakan.

3. Komposisi
Jika Anda membeli persediaan snack untuk jajan anak, perhatikan komposisinya. Untuk produk impor, pastikan sudah terdaftar di BPOM. Dalam daftar komposisi makanan, perhatikan kandungan lemak jenuh serta gula tambahan. Sebaiknya, tidak menyimpan snack dalam jumlah banyak di rumah sebab itu sama saja membiasakan anak abai dengan kebutuhan asupan sehatnya. Sebagai opsi, buatkan saja jajanan untuk si kecil. Pilihannya beragam, mulai dari burger tempe sampai nugget ayam yang jelas-jelas lebih aman buat kesehatannya.

Demikianlah tadi ulasan singkat kita kali ini mengenai Memilih Jajanan Sehat Untuk Anak. Semoga dapat memberikan informasi dan juga menambah wawasan kita selaku orang tua. Sehingga anak dalam proses tumbuh kembangnya dapat belajar dengan baik. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Pendaftaran Les Via WA atau Telp
WhatsApp Telp