Bimbel & Privat Royal Education | Les Privat Bandung | Guru Privat datang ke Rumah

Bimbel Les Privat Bandung & Cimahi

Penawaran

Kamis, 17 Mei 2018

Ini Dia Perbedaan Cara Belajar Zaman Dulu dan Sekarang


Pendidikan, belajar, dan sekolah merupakan cerita yang tidak ada habisnya. Dari zaman old sampai zaman now, pendidikan merupakan hal yang selalu dibutuhkan oleh setiap orang. Namun seiring dengan perkembangan zaman, pendidikan mengalami pergeseran model maupun proses atau cara pelaksanaannya. Baik itu pendidikan formal di sekolah, pendidikan informal diluar sekolah, hingga pendidikan karakter anak. Berikut ini beberapa perbedaan cara belajar jaman dulu dan jaman sekarang:

Tujuan dan Orientasi Pendidikan
Zaman dulu, pendidikan bisa dikatakan sebagai sesuatu yang “mahal”. Tidak banyak anak yang dapat sekolah tinggi. Hanya orang yang mampu yang dapat melanjutkan ke sekolah atau universitas. Pendidikan juga terkadang dianggap bukan sesuatu yang harus diprioritaskan. Orientasi pendidikan zaman dahulu adalah mendidik anak agar menjadi manusia yang berbudi pekerti luhur, berakhlak mulia, menjunjung tinggi kepentingan umum diatas kepentingan pribadi, dan sebagainya. Hal ini juga didukung dan diterapkan oleh orang tua dan masyarakat pada umunya, dan dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan zaman sekarang mengalami pergeseran, orientasi pendidikan zaman sekarang lebih mengarah kepada kompetisi.  Orangtua dan sekolah memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan, kecerdasan, dan keterampilan siswa dalam menghadapi persaingan untuk bisa survive dalam kehidupan. Terkadang, pendidikan zaman sekarang kehilangan misi sebagai pembentuk karakter dan budi pekerti mulia seperti apa yang menjadi tujuan zaman dulu. Hal ini pastinya dirasakan oleh orang tua yang memiliki anak usia sekolah saat ini.

Institusi Pendidikan
Zaman dulu tidak banyak pilihan sekolah seperti saat ini. Sekolah lebih banyak didirikan oleh pemerintah dibawah departemen pendidikan dengan misi sebagai pelayanan sosial. Maka, sekolah negeri menjadi pilihan utama orangtua dikala itu. Berbeda dengan zaman dahulu, saat ini pilihan sekolah semakin beragam. Yayasan atau perusahaan swasta boleh mendirikan institusi pendidikan. Fasilitas yang ditawarkan pun lebih beragam, dimana tidak tersedia di sekolah-sekolah milik pemerintah. Seperti kurikulum berbasis internasional, sarana dan fasilitas pendidikan yang modern dan canggih, hingga tengaja pengajar yang profesional dan berasal dari berbagai negara. Hal ini tentunya menggeser institusi pendidikan sebelumnya, ada nilai-nilai kompetitif yang ditawarkan oleh institusi pendidikan jaman sekarang. Bukan hal yang mengherankan jika biaya pendidikan di sekolah swasta terbilang cukup mahal, karena dianggap memiliki daya saing yang baik untuk perkembangan anak di masa yang akan datang.

Guru atau Tenaga Pendidik
Seperti disinggung sebelumnya, zaman sekarang guru bisa berasal dari berbagai negara di dunia. Dengan globalisasi dan kemajuan teknologi, kita sebenarnya dapat dengan mudah belajar dari siapapun dan dimanapun. Sekolah-sekolah dengan kurikulum internasional biasanya menyediakan tenaga pendidik dari luar. Guru pada zaman sekarang lebih mengutamakan kompetensi dan sertifikasi pengajar demi mewujudkan daya saing yang kuat antar institusi pendidikan. Berbeda dengan zaman sekarang, pada zaman dahulu, guru melakukan pendekatan personal pada anak. Karena sistem kekerabatan yang erat, maka tidak jarang guru mendidik hingga terbawa sampai diluar jam sekolah. Selain memberikan pengetahuan pada anak, guru pada zaman dahulu juga memiliki hak penuh atas anak ketika anak berada di sekolah, tidak banyak intervensi orangtua ketika anak sedang melakukan aktivitas belajar di sekolah.

Materi Pendidikan
Kurikulum pendidikan zaman dahulu lebih mengarah pada pembentukan karakter anak dengan tujuan menjadi pribadi yang mulia dan membentuk anak agar dapat membedakan mana yang benar dan yang salah. Sedangkan zaman sekarang, karena bermunculan sekolah-sekolah swasta maka kurikulum yang diterapkan untuk usia sekolah saat ini sangat beragam.  Sebut saja kurikulum Cambridge International, Montessori, International Baccalaureate, dan sebagainya. Penekanan materi pendidikan sekolah zaman sekarang menitikberatkan pada persiapan anak dalam menghadapi persaingan global.

Nah, tantangan mendidik anak zaman sekarang memang dirasakan lebih berat bagi orang tua ya? Namun, orangtua tidak bisa mengabaikan minat, bakat, dan karakter anak dalam memilih pendidikan yang tepat untuk mereka. Disamping itu, orangtua tetap harus menanamkan nilai-nilai budi pekerti dan akhlak yang luhur agar anak tidak hanya cerdas namun memiliki karakter dan perilaku yang baik.

Pendaftaran Les Via WA atau Telp
WhatsApp Telp