Bimbel & Privat Royal Education | Les Privat Bandung | Guru Privat datang ke Rumah

Bimbel Les Privat Bandung & Cimahi

Penawaran

Kamis, 10 Mei 2018

Jurus Ampuh Mengatasi Rasa Malas Belajar Ala Bimbel Cimahi


Jurus Ampuh Mengatasi Rasa Malas Belajar Ala Bimbel Cimahi - Pernah merasa malas untuk belajar? Atau sering? Maka cobalah memahami terlebih dahulu apa penyebab kita malas untuk belajar. Mulai dari belajar itu menjadi beban, belajar itu kegiatan yang membosankan, pelajarannya sulit dimengerti, lebih menyenangkan bermain game, gadget, baca komik, dan sebagainya. Tapi sebenarnya inti dari penyebab rasa malas belajar adalah kita tidak memiliki motivasi dan tujuan yang spesifik dan jelas tentang apa sih tujuan kita untuk belajar? Karena sebagian besar anak tidak diberi pemahaman di awal seberapa penting kita harus belajar dan bagaimana membuat tujuan yang benar dalam proses belajar. Jika itu sudah dimiliki oleh anak, maka belajar dapat menjadi kegiatan yang membuat mereka bersemangat untuk melakukannya. Berikut ini terdapat beberapa tips agar anak mampu mengatasi rasa malas dalam belajar. 

Menulis atau Menggambarkan Tujuan
Memvisualisasikan tujuan. Dapat dengan cara tertulis maupun menggambarkannya dengan cara yang menarik. Jika perlu tulisan atau gambar tersebut ditempel di dinding kamar dengan ukuran yang besar sehingga anak dapat memvisualisasikan tujuan mereka setiap kali melihat tulisan atau gambar tersebut. Dengan cara seperti ini, maka ketika anak mampu memvisualisasikan tujuan mereka, secara tidak sadar pikiran anak akan memfokuskan energinya untuk mencapai tujuan tersebut. Tujuan termasuk target nilai yang ingin dicapai misal dalam mata pelajaran tertentu di sekolah. Dengan tujuan dan target yang jelas, maka anak akan terpacu untuk melakukan yang terbaik untuk mencapai tujuan tersebut. 

Membuat Strategi Belajar
Jika selama ini anak merasa bosan dan malas belajar, mungkin strategi maupun cara yang digunakan dalam belajar tidak sesuai dengan karakter anak. Setelah memahami tujuan dengan jelas, kemudian yang dilakukan adalah menemukan strategi yang sesuai dengan sifat dan karakter anak. Dengan strategi yang tepat, maka hal ini dapat memudahkan anak dalam menerima materi yang masuk ke dalam kepala mereka. Buatlah cara belajar semenarik mungkin sesuai minat anak. Sebagai contoh, Aldi adalah seorang anak yang sulit belajar dalam waktu yang lama, dia cepat bosan dan mengantuk. Strategi yang dapat dilakukan untuk Aldi yaitu belajar dalam waktu yang pendek namun rutin. Terkadang anak dibebankan dengan seabrek pelajaran, sekolah dari pagi hari hingga sore hari, sehingga anak merasa terbebani. Karena untuk mendapatkan hasil yang optimal, kinerja otak anak tidak dapat dipaksakan melalui cara belajar yang sekaligus. Belajarlah dengan sedikit, namun frekuensi belajar dilakukan lebih sering. Hal tersebut dapat menjadi salah satu solusi bagi Aldi untuk memahami pelajaran dengan cara yang lebih baik. 

Membuat Daftar Prioritas
Dalam belajar tentunya banyak hal yang harus dipelajari, seperti mata pelajaran di sekolah. Agar dapat fokus memahami suatu pelajaran, maka perlu dibuat daftar prioritas pelajaran apa yang akan dipahami terlebih dahulu. Membuat daftar dapat dilakukan berdasarkan jadwal di sekolah. Misal, besok akan ada pelajaran matematika dan biologi, maka pada hari sebelumnya anak dapat membuat daftar prioritas untuk mempelajari matematika setelah itu biologi. Namun membuat daftar dapat juga dilakukan dengan membuat prioritas untuk pelajaran yang kurang dikuasai terlebih dahulu. Dengan mengerti materi yang dijadikan prioritas, maka anak semakin mudah dalam memahami materi yang sedang diprioritaskan tersebut. 

Setelah tujuan, priorotas, dan strategi dalam belajar sudah ditetapkan, maka hal lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa malas belajar adalah dengan cara membuat suasana belajar yang menyenangkan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mencari atau membuat tempat belajar senyaman mungkin: rapi, bersih, tenang, dan sebagainya. Pemilihan waktu yang tepat, khususnya ketika belajar mandiri bukan di sekolah juga menjadi faktor penting dalam mengatasi rasa malas belajar. Dengan pemilihan waktu yang tepat, ketika anak siap menerima pelajaran, misal dalam kondisi fit, tidak lelah, tidak terlalu malam, dan sebagainya, maka dapat mengoptimalkan pemahaman materi dalam proses belajar anak. 

Membuat Reward dan Punishment
Reward dan Punishment dapat membantu memacu semangat belajar anak. Cara ini juga dapat melatih disiplin pada anak. Karena rasa malas belajar dapat diatasi salah satunya dengan membiasakan diri untuk disiplin atau dengan cara menumbuhkan semangat belajar melalui reward dan punishment
So, sudah siap belajar dan melawan rasa malas, kan?
Pendaftaran Les Via WA atau Telp
WhatsApp Telp