Bimbel & Privat Royal Education | Les Privat Bandung | Guru Privat datang ke Rumah

Bimbel Les Privat Bandung & Cimahi

Penawaran

Selasa, 08 Mei 2018

7 Kegiatan ini yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Menunggu Pengumuman Hasil Seleksi SBMPTN


7 Kegiatan Ketika Menunggu Pengumuman Hasil Seleksi SBMPTN - Menunggu pengumuman SBMPTN memang membuat jantung kita berdebar-debar. Selain harap-harap cemas karena menunggu hasil ujian kita lulus tidaknya, waktu yang dibutuhkan untuk menunggu pengumuman juga terbilang cukup lama, yaitu lebih dari 2 bulan. Hal ini dapat membuat kita gelisah berkepanjangan. Daripada diam dan harap-harap cemas tanpa melakukan kegiatan apapun, lebih baik kita isi dengan 7 kegiatan positif berikut, yuk!

1. Berlibur dan Bersantai
Siapa yang tidak suka berlibur dan bersantai? Liburan merupakan salah satu kegiatan positif yang dapat kamu lakukan sambil menunggu pengumuman SBMPTN. Proses kegiatan seleksi dan ujian memang cukup menguras otak, energi, dan emosi. Dengan berlibur dan melupakan sejenak beban-beban pikiranmu, kamu dapat menyegarkan pikiran yang kusut setelah ujian atau ketika menunggu pengumuman yang jeda waktunya cukup lama, sehingga kamu tidak bosan dan pikiranmu lebih fresh untuk menghadapi dunia perkuliahan. Namun, berliburlah dalam porsi yang cukup ya, jangan larut dalam euforia liburan yang membuatmu lupa akan persiapan masa depanmu. 

2. Mempersiapkan Plan B
Berdoa dan tetap optimis merupakan sikap positif yang harus kita tanamkan dalam diri kita. Namun, kita juga harus menyiapakan diri ketika hasilnya tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Oleh karena itu, segeralah membuat plan cadangan yang dapat kita pilih ketika kita gagal ujian SBMPTN. Kamu bisa coba mengikuti ujian mandiri sebagai alternatif pilihanmu, sesuai dengan institusi masing-masing. Diskusikanlah rencana kuliah dan masa depanmu dengan orangtua atau orang-orang terdekat di sekitarmu. 

3. Mencari Informasi Beasiswa
Sebagai calon mahasiswa, biasanya banyak kesempatan yang ditawarkan untuk mendapatkan beasiswa. Ada beasiswa yang dapat diajukan ketika kamu sudah dinyatakan diterima di universitas tertentu. Beasiswa sifatnya bermacam-macam, untuk jenjang perkuliahan, biasanya beasiswa ditujukan kepada mereka yang berprestasi ataupun beasiswa kepemimpinan. Syarat beasiswanya pun berbeda-beda. Mulailah mem-follow akun-akun sosial media yang sering membagi informasi mengenai beasiswa maupun kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan kampus tujuanmu. 

4. Mencari Pekerjaan Sampingan
Waktu yang cukup lama dalam menunggu hasil ujian SBMPTN dapat dimanfaatkan dengan bekerja. Selain kamu dapat mengisi waktu luangmu dengan kegiatan positif, bekerja sampingan juga pastinya dapat menghasilkan dana tambahan yang dapat kamu gunakan untuk keperluan kuliahmu nanti atau keperluan-keperluan lainnya. Selain itu, kamu juga bisa menambah teman baru dan relasi yang mungkin dapat berkaitan dengan kuliah atau masa depanmu nanti. 


5. Menyalurkan Hobi
Selain bekerja, kamu dapat menyalurkan hobi dan mengasah keterampilan dalam mengisi waktu luangmu ketika menunggu hasil seleksi SBMPTN yang mungkin terpinggirkan selama ini. Kamu dapat bergabung bersama komunitas yang terkait, dan bergabung dengan lingkungan yang mendukung hobimu. Namun, pilihlah komunitas yang positif ya, bijaklah dalam memilih teman, agar kamu dapat menjadi pribadi yang positif. 

6. Mempersiapkan Kebutuhan Kuliah
Apapun hasilnya nanti, bersiaplah dalam menyambut dunia perkuliahan. Apalagi jika tempat tinggalmu jauh dari kampus impianmu. Cobalah buat daftar apa saja yang harus kamu persiapkan untuk kuliahmu, dan berapa dana yang dibutuhkan untuk kuliah maupun untuk hidup jika kamu tinggal jauh dengan orangtua. Selain itu, mulailah mencari-cari informasi mengenai kehidupan di sekitar kampus, sehingga ketika kamu lulus, kamu sudah memahami lingkungan kampus dan mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan kuliahmu. 

7. Membantu Orang Tua
Selain beberapa hal diatas, waktu luang yang kita miliki ketika menunggu hasil ujian SBMPTN juga dapat kita manfaatkan untuk membantu orangtua. Mungkin ketika sekolah atau ujian kamu hanya memiliki sedikit waktu untuk membantu orangtua. Selain itu kamu juga bisa belajar memasak, membersihkan rumah, bermain dengan kakak atau adik kita, maupun hal lain yang dapat meningkatkan intensitas kebersamaanmu dengan keluarga. Hal ini menjadi salah satu yang akan kamu rindukan ketika kamu kuliah nanti, khususnya untuk kamu yang akan tinggal berjauhan dengan orangtua. 

Itulah 7 kegiatan yang dapat kamu lakukan ketika menunggu hasil ujian SBMPTN. Jangan lupa untuk tetap optimis dan berpikir positif. Dengan optimis dan berpikir positif, akan membantu dirimu menjadi lebih tenang dalam menanti hasil ujian SBMPTN. Selain itu, jika ternyata hasilnya tidak sesuai keinginan, kamu akan lebih mudah menghadapinya dan mulai melakukan plan B seperti tips diatas. Tetap optimis dan semangat, ya!
Pendaftaran Les Via WA atau Telp
WhatsApp Telp