Bimbel & Privat Royal Education | Les Privat Bandung | Guru Privat datang ke Rumah

Bimbel Les Privat Bandung & Cimahi

Penawaran

Selasa, 15 Mei 2018

Mau Jadi Apa Anak Kita Nanti? Yuk Kenali Bakat dan Minat pada Anak


Keberhasilan anak dalam hal apapun dalam hidup ini bergantung pada beberapa faktor, salah satu faktor yang seharusnya dikenali sejak usia dini adalah bakat dan minat yang ada pada diri anak. Dengan mengenal bakat dan minat yang dimiliki oleh seorang anak, bagi guru maupun orangtua khususnya dapat membekali dan mengarahkan anak kepada tujuan yang jelas sesuai dengan bakat dan minat anak tersebut. Sehingga anak dapat menekuni bidang yang mereka senangi, lebih semangat karena memiliki motivasi yang kuat dalam menjalani proses pembelajaran di bidang tersebut. 

Bukan rahasia lagi, beberapa orang yang sukses memang mampu mengenali bakat dan minat mereka sejak dini, sehingga mereka fokus dalam menekuni bidang tersebut. Sistem pendidikan di Indonesia khususnya, perlu menerapkan sistem pembelajaran dengan metode pendekatan minat dan bakat pada anak, sehingga anak dapat berkembang dan penguasaan terhadap suatu bidang dapat berjalan lebih optimal. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan bakat anak, khususnya perlu diperhatikan bagi orangtua dan guru, diantaranya:

Mendengarkan Anak
Sudah merasa mendengarkan semua keluh kesah dan apa sebenarnya minat anak? Mungkin bagi sebagian orang tua khususnya di daerah perkotaan yang sibuk bekerja dan sedikit waktu untuk anak, hal ini menjadi masalah yang cukup berpengaruh. Masalahnya, dengan waktu yang terbatas, orang tua harus mampu menggali apa keinginan anak bagi masa depan mereka. Terkadang orang tua mengikutkan anak pada banyak kursus dan kegiatan namun ternayata anak tidak menyukai kegiatan tersebut dan hasilnya  cenderung tidak fokus pada apa yang dilakukan. Maka, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mendengarkan curahan hati anak, mengenai apa minat mereka, kemudian temukan bakat-bakat mereka yang belum muncul, mau menjadi apa mereka kelak di masa depan, apa hobi mereka, dan semacamnya. 

Sebisa mungkin sempatkan waktu untuk mendengarkan anak dengan sungguh-sungguh. Menjawab semua rasa ingin tahu anak, jika belum mampu menjawab pertanyaan anak, maka orangtua dan guru dapat mencari tahu bersama-sama, sehingga minat dan bakat anak dapat terlihat melalui proses ini, dan orangtua dapat mengarahkan anak kepada bidang yang sesuai.

Menunjukkan Minat dengan Contoh
Selain menggali informasi minat anak dengan mendengarkan curahan hati mereka, ternyata orang tua juga perlu memberi contoh dalam menunjukkan minat terhadap bidang tertentu. Hal ini juga dapat meningkatkan motivasi anak dalam menemukan minat mereka. Sebagai contoh, seorang ayah yang merupakan seorang atlet renang, menunjukkan contoh kepada anaknya dengan memperlihatkan bahwa ayahnya selalu konsisten dalam berlatih renang, mengajak anaknya untuk ikut melihat latihan dan kejuaraan renang, menonton televisi dan mencari informasi mengenai olahraga renang tersebut, dan sebagainya. Sehingga, membangun kebiasaan dan lingkungan yang mengarah pada minat dan bakat di bidang tersebut. 

Dengan menunjukkan minat dengan contoh, anak menjadi belajar untuk mengekspresikan dan mencari tahu apa sebenarnya sesuatu yang disukai, dan bagaimana cara untuk melakukan sesuatu yang disukainya tersebut. 

Memberi Kebebasan Pada Anak untuk Memilih
Tidak sedikit orangtua yang memaksakan minat orangtua kepada anak, padahal anak tersebut kurang menyukai bidang tersebut. Orangtua yang cenderung otoriter dan memaksakan kehendak mereka, dapat menyebabkan kegagalan pada kehidupan anak. Namun, bukan berarti memberi kebebasan pada anak adalah membebaskan tanpa pengendalian. Memberi kebebasan adalah belajar untuk menghargai keputusan anak, sepanjang keputusan tersebut tidak menimbulkan keburukan bagi anak di masa yang akan datang. Memberi kebebasan dapat melatih anak untuk mandiri, menumbuhkan rasa percaya diri, dan anak mampu menentukan pilihan yang bertanggung jawab. 

Nah, dari 3 poin diatas, sudahkah kita menerapkan dalam kehidupan sehari-hari? Dimulai dari orangtua dan guru sebagai orang terdekat yang mengikuti proses belajar anak, maka pengembangan minat dan bakat anak dapat dioptimalkan melalui proses maupun cara-cara yang benar. Sehingga di masa depan, anak mampu menjadi “besar” dalam jalur minat dan bakat yang mereka kuasai. Yuk belajar mengenali minat dan bakat mereka sedini mungkin!

Pendaftaran Les Via WA atau Telp
WhatsApp Telp