Bimbel & Privat Royal Education | Les Privat Bandung | Guru Privat datang ke Rumah

Bimbel Les Privat Bandung & Cimahi

Penawaran

Senin, 25 Juni 2018

15 Jurus Ampuh Cara Belajar Bahasa Inggris yang Bakalan Buat Kamu Jago!

Di era digital saat ini, mempelajari dan menguasai bahasa inggris merupakan suatu keharusan, tujuannya agar dapat berkomunikasi dengan baik dengan berbagai orang di dunia, sehingga mampu mencapai kesuksesan dalam dunia kerja, akademik, bisnis, maupun yang lainnya. Mengikuti les atau kursus bahasa inggris merupakan suatu alternatif pilihan dalam mempelajari bahasa inggris, namun selain belajar di tempat les, ada juga beberapa kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan bahasa inggrismu, lho! berikut ini terdapat 15 tips yang dapat dicoba untuk diterapkan.

1. Tetapkan tujuan dan mulailah sekarang
Tetapkan Tujuan, sumber gambar: yourstory.com
Banyak anak yang tidak memiliki motivasi dan tujuan yang jelas dalam mempelajari sesuatu, sehingga ketika merasa lelah dan bosan, mereka mudah untuk menyerah. Mulai saat ini, tetapkanlah tujuanmu dalam belajar bahasa inggris. Misal, saya ingin kuliah di luar negeri, oleh karena itu saya harus bisa lancar berbahasa inggris. Atau contoh lainnya saya ingin punya profesi sebagai pramugari maskapai internasional dimana butuh kemampuan berbahasa inggris yang tinggi. Sehingga dengan penetapan tujuan tersebut, kita memiliki motivasi dan semangat dalam mempelajari bahasa inggris. 

2. Menonton Film Bahasa Inggris
Menonton Film Bahasa Inggris, sumber gambar: quora.com
Pada umumnya kita senang melihat film. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris kita terutama part Listening adalah dengan menonton film berbahasa inggris tanpa melihat subtitle. Awalnya mungkin sulit, dapat dilakukan dengan tetap menampilkan subtitle namun jangan terlalu sering melihat teks berbahasa indonesia. Lama kelamaan kita akan terbiasa untuk mendengar istilah-istilah baru dalam bahasa inggris dan belajar mengenal dan membiasakan diri bagaimana cara memahami pengucapan dalam bahasa inggris. 

3. Mendengarkan Lagu-Lagu Bahasa Inggris
Selain film, musik adalah salah satu yang diminati oleh banyak orang. Dengan mendengarkan musik berbahasa inggris, kita juga dapat melatih kemampuan Listening kita. Biasanya ketika kita menyukai suatu lagu atau musik, kita akan mengulang lagu tersebut berkali-kali. Dengan pengulangan tersebut teks atau lirik lagu berbahasa inggris akan mudah diingat dan cobalah memahami maksud dari lirik lagu tersebut. Dengan mendengarkan dan menyanyikan ulang lagu yang kita sukai, kita juga belajar memahami pengucapan dan belajar untuk mengucapkan kembali atau speaking mengikuti pengucapan penyanyi aslinya. 

4. Membaca Buku Bahasa Inggris
Membaca buku juga dapat menjadi alternatif dalam belajar bahasa inggris. Buku dapat berupa fiksi atau non-fiksi. Namun, mungkin bagi sebagian besar orang membaca buku non-fiksi lebih menarik. Tidak mengapa, kita dapat mencoba membaca buku-buku dengan alur cerita sederhana atau artikel-artikel singkat.  Cobalah melakukan aktivitas membaca ini secara rutin. Sehingga terbiasa membaca, dan meningkatkan pengetahuan dan kekayaan kita tentang vocabulary dalam bahasa inggris. 

5. Belajar Melalui Internet dan Sosial Media
Belajar dari Youtube, sumber: JamesESL English Lessons (engVid)
Di era digital ini hampir semua orang memiliki akun sosial media. Melalui internet dan sosial media, kita dapat belajar bahasa inggris dari fitur-fitur yang disediakan oleh penyedia layanan. Selain itu, kita juga dapat mengikuti akun yang sering mem-posting gambar atau caption dengan bahasa inggris. Selain itu kita dapat memanfaatkan video-video gratis belajar bahasa inggris dari mereka yang expert via youtube. Kita dapat dengan mudah menemukan istilah-istilah atau kalimat baru dalam bahasa inggris. 

6. Mencari Sahabat Native 
Sahabat dengan Native, sumber: english.cw.com.tw/
Berkaitan dengan sosial media, kita dapat dengan mudah berkenalan dengan orang dari berbagai penjuru dunia. Mulailah memperlebar sayap pertemanan dengan berkenalan melalui sosial media. Berteman dengan native speaker yang bahasa sehari-harinya inggris dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan skill bahasa inggris kamu. Tapi hati-hati ya, carilah teman yang baik dan positif. 

7. Membuat Catatan Kecil
Mencatat adalah cara terbaik dalam memngingat sesuatu. Membuat catatan kecil atau kamus dapat menjadi cara untuk kita dalam meningkatkan kemampuan kita dalam mengingat kata-kata dalam bahasa inggris yang belum familiar. Bawalah catatan tersebut kemanapun kamu pergi dan bacalah sesekali agar mudah mengingatnya. 

8. Kursus atau Belajar dari Teman
Guru Bahasa Inggris Bimbel Royal Education, sumber: Bimbel Royal
Selain hal-hal diatas, terkadang kita butuh guru atau pembimbing yang mampu mengarahkan tujuan kita dalam belajar bahasa inggris. Mengikuti les/kursus atau belajar dari teman, kakak, saudara, yang dirasa kemampuan bahasa inggrisnya lebih baik dapat menjadi pilihan dalam meningkatkan kemampuan bahasa inggrismu. 

9. Acara TV
Bagi kamu yang berlangganan TV Berbayar, sangat mudah menemukan channel berbahasa inggris. Cobalah membuat list rutin menonton TV berbahasa inggris tersebut, misal 2 kali dalam satu minggu. Hal ini akan meningkatkan kemampuan listening maupun reading dan memahami maksud dari acara TV tersebut. Kamu bisa melihat channel berita seperti BBC untuk memahami bahasa inggris dalam bentuk formal, atau bisa melihat channel HBO untuk memahami bahasa inggris melalui film dengan berbagai bentuk kalimat. 


10. Menulis Blog
Menulis adalah salah satu cara untuk menggabungkan kemampuanmu dalam memahami kalimat, membuat grammar dan struktur kalimat yang baik, dan menuntutmu untuk mengetahui lebih banyak kosakata. Dengan rutin menulis misal di blog atau di buku harianmu, dapat secara signifikan meningkatkan kemampuan berbahasa inggris. 

11. Rutin Berbicara Bahasa Inggris
Bagi kamu yang sekolah di sekolah negeri dimana bahasa pengantar sekolah merupakan bahasa indonesia, mungkin perlu usaha ekstra untuk berbicara dalam bahasa inggris. Dengan mencari partner berbicara seperti teman, kakak, atau orangtua, kita dapat membuat permainan atau aturan, misal setiap hari Kamis diwajibkan menggunakan bahasa inggris, bagi siapa yang tidak menggunakan bahasa inggris maka akan dikenakan sanksi. 

12. Merekam Suara
Merekam Suara, sumber: learnaboutfilm.com
Untuk meningkatkan kemampuanmu berbicara bahasa inggris, kamu dapat mencoba untuk merekam suara, atau membuat video blog di youtube. Tidak apa jika awalnya kesulitan, dan tidak perlu takut untuk salah, karena belajar berbicara bahasa inggris memang membutuhkan keberanian. Mulailah memahami cara kamu berbicara, setelah direkam, kamu dapat meminta pendapat teman, guru, atau kakak yang mahir dalam berbahasa inggris untuk menilai bagaimana cara pengucapan bahasa inggrismu. 

13. Menerjemahkan Kalimat bukan Kata per Kata
Seringkali bagi orang yang baru belajar bahasa inggris, sangat sulit memahami maksud dari kalimat, dan kita akan mencoba menerjemahkan kata per kata. Berusahalah memahami satu kalimat, saat ini banyak tools yang dapat digunakan untuk menerjemahkan bahasa salah satunya adalah google translate, dengan tools tersebut kita bisa optimasi hasil terjemahan dengan memahami struktur kalimat secara keseluruhan bukan per kata.

14. Berani dan Jangan Ragu
Di era digital saat ini, kesempatan untuk menonjolkan dan melatih kemampuan berbahasa inggrismu relatif lebih mudah dibandingkan dengan zaman dahulu. Beranikan diri untuk memulai melatih bahasa inggrismu baik dengan speaking, reading, maupun writing, dan jangan ragu atau takut salah apabila kamu belum benar-benar yakin bagaimana cara mengungkapkan istilah dalam bahasa inggris. Karena lama-lama kita akan bisa karena biasa. 

15. Jangan Mudah Menyerah
Jangan Menyerah, sumber: theuiaa.org
Berlatih dan belajarlah terus menerus dan jangan mudah menyerah. Semua orang melalui proses yang berbeda-beda. Jangan menyerah karena melihat temanmy yang begitu mudah mempelajari bahasa inggris sedangkan kamu lamban. Teruslah berlatih dan buatlah target pencapaian, sehingga kamu bisa melihat progress yang sudah kamu capai selama ini. 

Nah, itu adalah 15 jurus ampuh yang dapat kamu coba untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggrismu. Mungkin ada yang cocok kamu terapkan ada juga yang tidak, pilihlah sesuai kesukaan dan kemampuanmu. Selamat mencoba, ya!
Pendaftaran Les Via WA atau Telp
WhatsApp Telp