Bimbel & Privat Royal Education | Les Privat Bandung | Guru Privat datang ke Rumah

Bimbel Les Privat Bandung & Cimahi

Penawaran

Selasa, 26 Juni 2018

Kursus Persiapan IELTS Meningkatkan Bahasa Inggris untuk Beasiswa ke Luar Negeri


Kursus Persiapan IELTS - Bagi kamu yang ingin bekerja, sekolah, atau tinggal menetap diluar negeri, IELTS merupakan salah satu prasyarat yang penting. IELTS merupakan akronim dari International English Language Testing System yang merupakan suatu tes dan dirancang untuk menilai kemampuan bahasa inggris kita. IELTS merupakan tes yang dibuat dan berasal dari UK, sedangkan TOEFL dari USA. IELTS dibagi ke dalam 4 sesi yaitu Listening, Reading, Writing, dan Speaking

IELTS memiliki scoring yang sedikit berbeda dengan TOEFL. Score IELTS berkisar dari 1 hingga 9, dengan selisih setiap score 0.5 (Kamu bisa mendapatkan score 6.5, 7.5, dan seterusnya). Untuk itu pahamilah tujuanmu mengikuti tes IELTS dan tetapkan score target sesuai score yang dibutuhkan. Berikut akan dijelaskan mengenai beberapa tips dalam mengikuti ujian IELTS dan beberapa strategi agar lulus kuliah ke luar negeri.

1. Mengukur Kemampuan
Sebelum mulai belajar IELTS baik dari buku, kursus, atau internet, pertama-tama yang harus dilakukan adalah mengukur kemampuan IELTS-mu. Untuk beberapa orang yang pernah mengikuti TOEFL, IELTS memiliki rule dan tingkat kesulitan yang sedikit berbeda. Oleh karena itu, perlu untuk mengenal dan memahami bagaimana sih tes IELTS itu, setelah melakukan tes kamu akan mendapatkan score dan mengetahui hasil dari setiap sesi atau part. Kamu akan mengetahui pada part apa kamu harus perbaiki dan fokuskan. Jika kamu ingin kuliah di luar negeri, pastikan kamu mengetahui batas ambang minimum yang dibutuhkan, dan umumnya dibutuhkan nilai minimum yang dilihat per band dan juga overall atau average score.

2. Membuat Jadwal Belajar
Untuk kamu yang mengikuti kursus IELTS di tempat les, umumnya jadwal belajar dan target pencapaian sudah ditentukan oleh pihak bimbel. Namun, bagi kamu yang tidak mengikuti les, membuat jadwal belajar IELTS merupakan langkah awal yang penting. Bagi yang sedang mengikuti kursus juga dapat membuat jadwal mandiri, sehingga kamu dapat berlatih sendiri di rumah dan mengulang materi yang sudah diajarkan di kursus atau sekolah. Susun jadwal sesuaikan dengan waktu ujian IELTS. Sehingga kamu dapat mengukur progress dan timeline sampai waktu ujian tiba. Jika ujian masih lama dan kamu belum menentukan waktunya, tetaplah membuat timeline agar kamu memiliki target dan acuan waktu yang jelas. 

3. Memahami sistem Penilaian IELTS
Setelah pada awalnya menentukan tujuan untuk apa kamu mengikuti tes IELTS, kamu akan memiliki target score yang ingin dicapai sesuai tujuan yang telah ditentukan. Untuk itu, kamu perlu memahami sitem penilaian IELTS, agar kamu dapat mengukur sejauh mana saya harus menyelesaikan soal hingga target tercapai. Score diberikan untuk setiap sesi: Listening, Reading, Writing, dan Speaking. Score berkisar 1-9. Dimana untuk listening dan reading masing-masing diberikan 40 soal. Sedangkan untuk writing kamu akan diberikan 2 topik untuk dikembangkan, dan untuk speaking kamu akan diberikan pertanyaan-pertanyaan umum mengenai kehidupan sehari-hari. 

4. Cara Meningkatkan Kemampuan Listening
Pertama-tama siapkan kuping kamu, khususnya untuk aksen bahasa inggris “British” , karena pada IELTS yang berasal dari UK, aksen yang digunakan adalah aksen British. Bagaimana cara menyiapkannya? Yaitu berlatih dan berlatih. Beberapa caranya adalah mendengarkan podcast, mendengarkan musik, menonton TV berbayar untuk channel luar negeri, maupun  mendengarkan channel youtube dengan content yang banyak menggunakan percakapan berbahasa inggris. 


5. Cara Meningkatkan Kemampuan Reading
Pada intinya cara meningkatkan kemampuan reading adalah dengan latihan, evaluasi, dan perbaiki terus hingga kamu lancar dan memiliki progress yang bisa kamu rasakan sendiri. Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah membaca tulisan bahasa inggris formal seperti koran atau website berita berbahasa inggris, membaca buku bahasa inggris, membaca jurnal atau artikel ilmiah, dan sebagainya. 

6. Cara Meningkatkan Kemampuan Writing
Dalam ujian IELTS kamu akan diminta untuk membuat dua buah essay: Writing task 1 dan 2. Pada writing task 1, kamu diharuskan membuat essay sebanyak minimal 150 kata dalam 20 menit dan pada writing task 2, kamu diharuskan membuat essay 250 kata dalam 40 menit. Sehingga total alokasi waktu untuk writing adalah 60 menit. Untuk meningkatkan kemampuan menulismu, latihan adalah cara terbaik. Mulailah menulis dengan membuat kerangka tulisan pada awalnya. Berlatihlah sesering mungkin agar kamu terbiasa dan bisa dengan cepat menemukan ide tulisan dan mengoreksinya jika ada kesalahan. 

7. Cara Meningkatkan Kemampuan Speaking
Dalam speking kamu diharuskan untuk berbicara di depan native speaker. Artinya kamu harus memiliki pronounciation yang baik agar dapat dipahami oleh orang asing yang bahasa sehari-harinya adalah bahasa inggris. Pertanyaan yang diajukan adalah pertanyaan-pertanyaan umum. Kamu dapat mempersiapkan diri dengan berlatih menggunakan pertanyaan-pertanyaan contoh yang banyak tersedia di internet, namun ingat kamu tetap harus sering berlatih agar kamu lebih siap dalam merespon pertanyaan-pertanyaan “baru” yang bervariasi dan mampu menjawab pertanyaan dengan lancar dan natural. 

Nah, itu adalah beberapa tips yang dapat kamu coba untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggrismu dalam mempersiapkan ujian IELTS untuk keperluan kuliah keluar negeri maupun keperluan lainnya. Selamat mencoba, ya!
Pendaftaran Les Via WA atau Telp
WhatsApp Telp