Bimbel & Privat Royal Education | Les Privat Bandung | Guru Privat datang ke Rumah

Bimbel Les Privat Bandung & Cimahi

Penawaran

Senin, 11 Juni 2018

Les Privat Akuntansi: Memahami Konsep Dasar Akuntansi


Hampir semua perusahaan dan organisasi membutuhkan ilmu akuntansi untuk mempermudah mereka dalam membuat laporan keuangan. Selain untuk perusahaan, ilmu akuntansi juga sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Sehingga, mempelajari akuntansi menjadi sesuatu yang penting dan dibutuhkan oleh banyak orang. Namun, belajar akuntansi layaknya pelajaran matematika pada bidang sains, merupakan disiplin ilmu yang tidak mudah. Dalam akuntansi terdapat banyak tantangan yang harus dihadapi, mulai dari memahami konsep dasar akuntansi, hingga rumus-rumus hitungan akuntansi yang rumit. Berikut ini merupakan beberapa tips dalam mempelajari akuntansi khususnya untuk pemula. 

Memahami Konsep Dasar Akuntansi
Sebelum mempelajari lebih jauh apa itu akuntansi, terlebih dahulu kita harus paham definisi dan tujuan ilmu akuntansi ini. Definisi akuntansi sendiri adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari mengenai proses yang berkaitan dengan keuangan dengan outputnya berupa laporan keuangan, dan laporan keuangan ini dapat dipakai oleh pihak-pihak yang memerlukan untuk kemudian digunakan dalam mengambil keputusan. Karena high level management dalam suatu perusahaan atau organisasi akan menggunakan laporan keuangan ini dalam menentukan suatu kebijakan dan arah perusahaan, maka keakuratan dan validitas data harus benar-benar diperhatikan. Proses yang berkaitan dengan keuangan meliputi pencatatan klasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data. 


Mengetahui Nama dan Nomor Akun
Akuntansi juga terdiri dari hapalan yang harus kita ketahui diluar kepala. Akuntansi sendiri terdiri dari akun-akun yang berbeda. Akun dasarnya adalah (1) Aset, (2) Hutang, (3) Modal, (4) Pendapatan, serta (5) Beban. Dengan rumus dasar Harta = Hutang + Modal. Dari 5 akun dasar tersebut, terdapat akun lainnya. Sehingga terdapat nomor akun yang dapat digunakan untuk memahami nama-nama akun. Akun yang termasuk aset adalah akun dari nomor 100-199, Akun yang termasuk hutang adalah akun dari nomor 201-299, Akun yang termasuk Modal adalah akun dari nomor 301-399, Akun yang termasuk Pendapatan adalah akun dari nomor 401-499, dan Akun beban dengan nomor 501-dst. Selain itu kita juga diharuskan untuk hapal saldo normal dari akun-akun tersebut. Berikut ini merupakan daftar nama, nomor, dan saldo normal dari ilmu akuntansi : (1) Akun “Aset” diawali nomor 1 dengan saldo normal debit (D), (2) Akun “Hutang” diawali nomor 2 dengan saldo normal kredit (K), (3) Akun “Modal” diawali nomor 3 dengan saldo normal kredit (K), (4) Akun “Pendapatan” diawali nomor 4 dengan saldo normal kredit (K), dan (5) Akun “Beban” diawali dengan nomor 5 dengan saldo normal debit (D). 

Mengetahui Alur Siklus Akuntansi
Siklus Akuntansi atau Accounting Cycle adalah suatu proses, tahapan, atau langkah yang dilakukan dalam implementasi ilmu akuntansi. Beberapa tahapan tersebut adalah : (1) Menganalisis transaksi, untuk kemudian mencatatnya dalam suatu jurnal, (2) Memindahkan catatan transaksi dari jurnal ke buku besar, (3) Menyiapkan daftar saldo yang belum disesuaikan, (4) Menganalisis dan menyiapkan data penyesuaian, (5) Mempersiapkan kertas kerja akhir periode, sifatnya opsional, (6) Membuat ayat jurnal penyesuaian, pindahkan ke buku besar, (7) Menyiapkan daftar saldo yang sudah disesuaikan, (8) Menyiapkan laporan keuangan, (9) Membuat ayat jurnal penutup dan memindahkan ke buku besar, (10) Menyiapkan daftar saldo yang telah disesuaikan. 

Selain ketiga poin diatas, sesuatu yang tidak kalah penting adalah memahami bahwa mempelajari akuntansi itu membutuhkan proses yang kontinyu. Ketika menemukan kesulitan saat belajar akuntansi, ingatlah hal-hal yang mampu memotivasi diri sendiri, jangan cepat berhenti dan menyerah. Bimbel Royal Education, yaitu Bimbel di Cimahi dan Bandung menawarkan pengajar-pengajar berkualitas dari ITB, UNPAD, UI, dengan harga murah, yang akan membantu teman-teman mempelajari konsep dasar akuntansi. 
Pendaftaran Les Via WA atau Telp
WhatsApp Telp