Bimbel & Privat Royal Education | Les Privat Bandung | Guru Privat datang ke Rumah

Bimbel Les Privat Bandung & Cimahi

Penawaran

Senin, 04 Juni 2018

Les Privat Fisika Bandung: I Love Physics


Les Privat Fisika Bandung - Bagi anak IPA, pasti tahu bagaimana susahnya belajar fisika. Butuh motivasi yang kuat, karena jika tidak, belajar fisika akan menjadi hal yang membosankan, dan sulit dipahami. Salah satu solusinya adalah belajar bareng! Ya.. belajar fisika bersama baik itu kerja kelompok bersama teman, atau mengikuti kursus dan les privat dapat dijadikan alternatif untuk memahami konsep fisika dan penerapannya. Dengan berbagi, kita menjadi lebih banyak tahu dan mendapat berbagai masukan dari teman-teman yang lain. Nah, berikut ini beberapa tips buat kamu yang ingin mudah mempelajari dan menekuni fisika. 

Memahami Apa yang akan Kita Pelajari
Tak kenal maka tak sayang berlaku disini ya, hehe. Pertama-tama kita lihat dulu buku-buku fisika yang tersedia di sekolah atau di toko buku, informasi dari guru atau referensi dari internet mengenai apa saja poin-poin yang akan dipelajari di sekolah sesuai tingkat kita masing-masing. Jika perlu kaitkan dengan kehidupan sehari-hari, tentang apa yang kita pelajari dan relevansinya dengan kehidupan kita. Belajar itu ibarat perang, kita harus tahu dulu “musuh” seperti apa yang akan kita hadapi, jika sudah kenal dan tau strategi menghadapainga, maka musuhpun akan takluk kepada kita.

Memahami Konsep bukan Rumus
Fisika memiliki segudang rumus yang pastinya bisa membuat kita pusing dan malas belajar fisika, namun fisika juga dapat menggunakan nalar. Oleh karena itu, ketika guru, atau teman mengajarkan kita mengenai rumus sesuatu, tanyakan darimana rumus itu berasal, coba pahami langkah demi langkah asal muasal rumus tersebut hingga kita menemukan hasil akhirnya, dengan begitu kita dapat memahami konsepnya dan lebih mudah untuk mengingat atau memangil kembali memori kita tentang rumus tersebut. Memahami konsep tidak bisa dalam semalam ya, butuh usaha yang konsisten. 


Start from the Scratch
Apa artinya? Pelajari segala sesuatunya dari nol. Mulai dari konsep-konsep dasar yang mudah, jangan paksa otak kita untuk langsung memahami rumus-rumus yang sulit. Rumus yang sulit terjadi dari hal-hal sederhana yang dapat ditalar. Terkadang anak malas belajar fisika karena mereka sudah melihat rumus-rumus sulit yang mereka merasa “tidak mampu” untuk memahami rumus tersebut. Jika kita belajar dari nol, kemudian setahap demi setahap belajar memahami, maka ini juga akan meningkatkan rasa percaya diri kita, dan kita memiliki proses yang jelas dan terstruktur dalam memahami suatu konsep, dan biasanya segala sesuatunya berkaitan, sehingga ketika guru menerangkan dengan cara yang melompat atau tidak terstruktur, kita dapat dengan cepat menemukan “benang merah” mengenai materi tersebut. 

Mengembangkan Konsep
Setelah memahami konsep dari nol, mencoba memahami setahap demi setahap, lalu yang dapat kita lakukan adalah memahami lebih dalam. Ibarat perang, kita mungkin “selalu menang” dengan lawan-lawan yang lemah. Namun, jangan terlena, kita juga harus mampu menaklukan musuh yang lebih besar agar kita naik level. Oleh karena itu, cobalah menyentuh soal-soal yang lebih sulit dan bervariasi. Salah satu cara untuk menguji kemampuan kita mengerjakan soal yang lebih sulit adalah dengan cara menggunakan alternatif cara yang lain, atau mengubah nilai variabel. Sehingga melatih otak kita untuk berpikir dengan cara yang tidak biasa. Aawalnya pasti akan sulit, tetapi selama kita tidak menyerah, kita akan dapat menemukan solusi dari setiap permasalahan fisika. 

Fisika mungkin Sulit, Tapi Saya bisa, karena I Love Physics.
Memiliki mindset positif adalah kunci keberhasilan. Termasuk dalam mempelajari fisika. Jangan sangkal bahwa fisika itu tidak sulit ☺, tetapi yakinlah bahwa kita bisa menyelesaikan persoalan-persoalan fisika sesulit apapun itu. Bimbel Royal Education, yaitu Bimbel di Cimahi dan Bandung menawarkan pengajar-pengajar berkualitas dari ITB, UNPAD, UI, dengan harga murah, yang akan membantu teman-teman mempelajari dan mencintai fisika.

Pendaftaran Les Via WA atau Telp
WhatsApp Telp