Bimbel & Privat Royal Education | Les Privat Bandung | Guru Privat datang ke Rumah

Bimbel Les Privat Bandung & Cimahi

Penawaran

Senin, 04 Juni 2018

Les Privat Kimia Bandung: Chemistry Happens


Apa yang ada di benak kita ketika mendengar kata kimia? Mungkin yang terbayang adalah senyawa-senyawa kimia dengan seabrek formula dan hitung-hitungan yang membuat pusing kepala?. Suatu pelajaran terasa sangat sulit jika kita tidak menyukai pelajaran tersebut. Maka, mulailah bangun “chemistry” antara kita dan kimia, sehingga belajar kimia menjadi asyik dan menyenangkan. Berikut ini beberapa tips agar belajar kimia menjadi pelajaran yang kita kuasai karena kita sudah kenal dan “klik” dengan kimia ☺.

Loh kenapa jadi matematika? Karena kimia sangat erat kaitannya dengan matematika. Maka sebelum membangun “chemistry” dengan kimia, maka bersahabatlah dengan matematika. Minimal ada keinginan dan motivasi untuk belajar kedua hal tersebut. Dalam kimia, akan ditemukan persamaan-persamaan yang harus diselesaikan, dengan memahami matematika, maka belajar kimia akan terasa lebih mudah dibandingkan dengan yang tidak memahami matematika seperti konsep dasar logaritma dan persamaan kuadrat.

Pelajari Tabel Periodik
Tabel periodik merupakan acuan bagi anak yang ingin belajar kimia. Karena sebelum mempelajari kimia lebih jauh atau memahami konsep yang lebih rumit dalam kimia, kamu harus mempelajari terlebih dahulu tabel periodik. Terdapat beberapa cara untuk mempelajari dan menghapal tabel periodik, diantaranya (1) Menggunakan jembatan keledai dalam menghapal unsur-unsur kimia. (2) Menghapal dengan lagu, dengan cara mengganti lirik lagu yang kita sukai dengan materi yang akan dihapalkan. Terdapat lagu “The New Periodic Table Song” yang dibuat oleh Asap SCIENCE sehingga dapat membantu kita dalam menghapal tabel periodik dengan cara yang menyenangkan. (3) Metode Mnemonik, yaitu kita dapat mengasosiasikan materi yang ingin kita hapal dengan sesuatu yang mudah diingat. 

Membuat Flashcard
Setiap menemukan unsur, simbol atau istilah-istilah kimia yang baru, buatlah catatan pada sebuah kartu, jika perlu kaitkan dengan metode sebelumnya ditambahkan dengan gambar atau tulisan yang menarik. Baca flashcard ini beberapa kali sebelum tidur misalnya, bacalah terus berulang sehingga memudahkan kita untuk mengingatnya. Dengan membuat flashcard ini, selain mengulang hapalan unsur atau rumus kimia dengan cara menuliskannya di kartu, kita juga dapat mengingat-ingat dengan media yang lebih menarik dibandingkan dengan melihat catatan dari buku. 


Belajar dengan Internet
Memanfaatkan internet dan mempelajari sesuatu menggunakan iinternet bukan merupakan hal asing lagi di jaman digital ini. Bagi anak jaman sekarang, mempelajari sesuatu dari buku mungkin merupakan hal yang membosankan dan membuat cepat bosan dan mengantuk. Banyak aplikasi yang sudah dikembangkan dan dapat dicari di internet dalam belajar kimia, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut: (1) ChemTube 3D, dibuat oleh Universitas Liverpool yang berisi animasi dan struktur interaktif untuk menjelaskan konsep-konsep kimia dengan format 3 Dimensi, (2) Senyawa Hidrokarbon, merupakan permainan unik yang diciptakan oleh Enthrean Guardian sebagai sebuah media untuk mempelajari materi senyawa hidrokarbon, (3) Virtual Chemistry Laboratorium, merupakan laboratorium virtual yang  dibuat oleh Boyan Mihailov dimana kita dapat melakukan percobaan layaknya di laboratorium sebenarnya. 

Belajar itu Proses, Be Patient
Jangan tergesa-gesa dalam memahami kimia, karena sama halnya dengan mempelajari apapun di dunia ini, begitupun mempelajari kimia merupakan suatu proses yang kontinyu dan harus dilakukan terus menerus. Lakukanlah latihan-latihan soal kimia secara bertahap namun dilakukan konsisten, sehingga dengan latihan yang sering, dapat memudahkan kita dalam penguasaan rumus dan hapalan unsur kimia. Bimbel Royal Education, yaitu Bimbel di Cimahi dan Bandung menawarkan pengajar-pengajar berkualitas dari ITB, UNPAD, UI, dengan harga murah, yang akan membantu teman-teman mempelajari kimia.  
Pendaftaran Les Via WA atau Telp
WhatsApp Telp