Bimbel & Privat Royal Education | Les Privat Bandung | Guru Privat datang ke Rumah

Bimbel Les Privat Bandung & Cimahi

Penawaran

Jumat, 08 Juni 2018

Les Privat SD Bandung: Perlukah Les Bagi Anak SD?


Kurikulum Sistem Pendidikan tingkat SD di Indonesia saat ini sangat beragam. Mulai dari kurikulum nasional hingga internasional. Terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara kedua kurikulum tersebut. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada aspek kompetisi anak di masa yang akan datang. Oleh karena itu alangkah baiknya jika anak dibekali persiapan agar mampu bersaing di kemudian hari. Anak perlu dibiasakan untuk mengulang pelajaran yang diberikan di sekolah, sehingga mampu bersaing dan mengejar ketertinggalan, baik itu untuk kurikulum sekolah nasional maupun internasional. Berikut ini beberapa alasan mengapa anak perlu diikutsertakan les pada tingkat sekolah SD. Dan seberapa penting les bagi perkembangan belajar anak. 

Masa-Masa SD merupakan Masa yang Penting
Masa SD merupakan masa yang sangat penting dalam proses belajar anak. Karena anak sedang berada dalam fase adaptasi yang umumnya mudah dalam menerima materi dan apabila dilakukan dengan cara yang benar materi yang diajarkan pada masa ini akan “nempel” dan berguna hingga dewasa. Maka dari itu, selain materi-materi sekolah, pada masa SD ini juga perlu ditanamkan pendidikan karakter agar anak terbiasa dan terbentuk menjadi pribadi yang memiliki karakter kuat dan positif. 

Kemampuan Orang Tua Terbatas
Tidak mengherankan lagi, orang tua zaman sekarang baik ibu, bapak, atau keduanya banyak beraktifitas diluar rumah untuk urusan pekerjaan, sehingga orang tua tidak mampu mendampingi anak baik dari sisi waktu maupun metode yang digunakan. Idealnya, orang tua dapat berperan aktif dalam mengulang materi yang diajarkan sekolah, membantu mengerjakan PR atau tugas-tugas yang dibawa ke rumah, hingga mempersiapkan materi untuk pertemuan kelas berikutnya. Jika orang tua mampu memainkan peran tersebut, seharusnya anak tidak perlu diikutsertakan lagi pada les tambahan atau bimbel. Namun kenyataannya, kebanyakan orang tua belum mampu melakukan itu. Oleh karena itu, memberikan pelajaran tambahan di luar sekolah merupakan opsi alternatif yang dinilai efektif agar anak dapat mengikuti pelajaran sekolah dengan baik. 


Keterbatasan Interaksi Siswa dan Guru
Bagi anak SD, umumnya komunikasi antara siswa dan guru dilakukan satu arah. Anak cenderung pasif dan lebih banyak mendengarkan dan melihat apa yang diajarkan guru. Umumnya anak SD terutama kelas 1-3 belum mampu bersikap kritis, berani dan berterus terang dalam bertanya jika ada suatu materi yang belum mereka pahami. Dengan diikutsertakan pada bimbel, diharapkan anak dapat bertanya lebih santai dan lebih leluasa terhadap materi yang belum mereka kuasai, karena faktor jumlah anak yang relatif sedikit, dan guru les yang aktif bertanya. Keterbatasan interaksi siswa dan guru di sekolah dinilai dapat diatasi dengan mengikutsertakan anak pada bimbel atau pelajaran tambahan di luar sekolah.  

Kemampuan Anak Berbeda-Beda
Bagi orang tua, memahami karakter dan kemampuan anak sangatlah penting. Dengan memahami hal tersebut, orang tua dapat menilai apakah anak perlu diikutsertakan bimbel sejak dini atau tidak. Bagi anak dengan kemampuan yang kurang, akan menimbulkan masalah apabila hanya mengandalkan belajar di sekolah, karena guru di sekolah tidak dapat mendampingi anak secara personal dalam belajar, sehingga mengabaikan anak yang lain. Oleh karena itu, bimbel merupakan salah satu cara untuk anak agar mampu mengatasi ketertinggalan dan kemampuan memahami yang kurang ketika diberikan materi di sekolah. 

Kesimpulannya, bimbel bagi anak SD merupakan alternatif sarana belajar bagi anak untuk memperdalam dan memahami materi yang diberikan di sekolah. Bimbel Royal Education, yaitu Bimbel di Cimahi dan Bandung menawarkan pengajar-pengajar berkualitas dari ITB, UNPAD, UI, dengan harga murah, yang akan membantu adik-adik yang duduk di bangku SD untuk memahami materi yang diberikan di sekolah dengan metode dan cara yang lebih nyaman dan menyenangkan. 
Pendaftaran Les Via WA atau Telp
WhatsApp Telp