Bimbel & Privat Royal Education | Les Privat Bandung | Guru Privat datang ke Rumah

Bimbel Les Privat Bandung & Cimahi

Penawaran

Rabu, 06 Juni 2018

Les Privat SMA Bandung: Kapan Waktu yang Tepat ikut Bimbel?


Biasanya bimbel ramai oleh anak-anak kelas 12 yang akan lulus SMA, yang akan mengikuti UN dan SBMPTN. Tidak sedikit yang ikut bimbel baru dimulai sejak semester genap awal menjelang UN. Namun, kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk ikut bimbel? Bimbel sebenarnya adalah suatu aktivitas belajar diluar sekolah yang bertujuan untuk memperkuat materi dan pemahaman yang sudah diajarkan di sekolah. Peran bimbel sangat penting, terutama bagi anak yang tidak mampu belajar secara mandiri. Orangtua harus dapat mengenali perilaku dan kebiasaan anak dan mengukur kemampuan belajar anaknya, sehingga dapat memutuskan dengan baik perlukah anak ikut bimbel dan kapan anak harus mengikuti bimbel. 

Peran bimbel sebagai penunjang pembelajaran materi sekolah sudah seharusnya menggunakan metode yang mudah dicerna oleh anak dan dilakukan dengan cara yang lebih santai dan menyenangkan dibandingkan dengan kegiatan belajar di sekolah. Bagi siswa SMA, mengikuti bimbel sebaiknya dilakukan sejak awal masuk SMA atau kelas 10. Berikut ini beberapa pertimbangan mengapa perlu mengikuti bimbel sejak jauh-jauh hari:

Belajar dari Kelas 10, bukan Kelas 12
Banyak yang salah dalam memahami, bahwa materi UN dan SBMPTN cukup dipelajari ketika sudah kelas 12 saja. Padahal siswa SMA belajar dimulai dari kelas 10. Materi ujiannya pun terintegrasi dari kelas 10 hingga 12. Mungkin bagi beberapa siswa, belajar tambahan di kelas 10 dan 11 itu tidak diperlukan. Maka dari itu, perlu peran aktif orangtua dalam menilai kemampuan anak, apakah perlu diberikan les tambahan sejak awal masuk SMA. Jika anak dirasa sulit menangkap pelajaran, orang tua tidak memiliki cukup waktu untuk mendampingi anak belajar, sulit konsentrasi dan fokus ketika belajar di sekolah, maka perlu dipertimbangkan untuk mengikuti bimbel sejak awal masuk SMA. 


Materi Pelajaran Kurang
Sebagian besar anak yang mengikuti bimbel memiliki alasan ikut bimbel karena materi pelajaran yang diberikan di sekolah kurang mendalam, guru hanya memberikan materi yang sedikit dan waktu di sekolah juga terbatas. Tidak sedikit tugas rumah dan soal-soal diberikan guru sehingga anak merasa kesulitan dan tidak ada tempat konsultasi. Dengan mengikuti bimbel sejak jauh hari, anak akan terbiasa untuk mengulang pelajaran sekolah dan dapat bertanya mengenai PR dan juga materi yang tidak dipahami di sekolah, sehingga dapat mempersiapkan diri lebih matang dalam menghadapi ujian di kelas 12. Materi yang kurang mendalam dan peran guru yang kurang maksimal ini menjadi salah satu alasan utama para siswa mengikuti bimbel sejak jauh hari. 

Menawarkan Garansi
Banyak orang tua melihat success story anak-anak lulusan bimbel yang lulus UN dengan nilai memuaskan dan diterima di PTN Favorit. Hal ini menjadi pertimbangan bagi orang tua dan siswa bahwa dengan effort yang lebih, yaitu mengikuti bimbel sejak jauh hari dapat menawarkan kesempatan yang lebih besar untuk menggapai impian mereka untuk lulus UN dengan hasil maksimal dan masuk PTN Favorit. Fenomena ini menawarkan semacam garansi, terutama untuk bimbel yang sudah memiliki “lulusan-lulusan” yang sukses dalam mencapai tujuan mereka. Sehingga, metode promo bimbel dengan memberikan contoh lulusan yang sukses adalah metode efektif dalam menggaet siswa-siswi baru yang sedang mencari tempat bimbel sebagai sarana belajar tambahan mereka.  

Untuk Mengetahui Minat dan Bakat
Orang tua yang menginginkan anaknya sukses, biasanya akan mempersiapkan bekal untuk anak mereka sejak jauh hari. Salah satunya adalah dengan diikutsertakan pada bimbel. Jika anak SMA diikutsertakan bimbel sejak awal masuk kelas 10, maka diharapkan akan ada pembiasaan bagi anak untuk belajar sehingga orang tua maupun anak dapat mengetahui kemampuan apa yang sesuai dengan minat mereka sehingga dapat dimaksimalkan, dan kemampuan apa yang kurang yang harus dilatih agar ketika ujian dapat lulus dengan nilai yang baik. Dengan mengenal kemampuan diri sendiri, anak akan fokus dan memiliki target yang terukur, sehingga mereka lebih siap dalam menghadapi ujian baik itu ujian tingkat maupun ujian nasional dan SBMPTN saat kelas 12. 

Kesimpulannya, semua tergantung dari karakter dan kemampuan anak, perlu komunikasi yang baik dan peran aktif orang tua dalam memutuskan memilih kapan waktu yang tepat dalam mengikuti bimbel. Tentunya masih banyak faktor lain selain faktor diatas terkait pertimbangan waktu memilih bimbel. Dan yang terpenting, buatlah anak senang dengan mengikuti bimbel, bukan malah membebaninya dan membuat anak tertekan. Bimbel Royal Education, yaitu Tempat Les di Cimahi dan Bandung menawarkan pengajar-pengajar berkualitas dari ITB, UNPAD, UI, dengan harga murah, yang akan membantu teman-teman yang duduk di bangku SMA untuk mempersiapkan diri sejak awal dalam menggapai impian dan menjadi siswa yang berprestasi di sekolah. Dengan adanya guru les privat yang ke rumah untuk daerah bandung dan cimahi, kami berharap siswa dapat menghemat waktu dan energi dalam belajar sehingga mampu mampu memaksimalkan prestasi di sekolah. 
Pendaftaran Les Via WA atau Telp
WhatsApp Telp