Bimbel & Privat Royal Education | Les Privat Bandung | Guru Privat datang ke Rumah

Bimbel Les Privat Bandung & Cimahi

Penawaran

Jumat, 29 Juni 2018

Sekolah VS Bimbel: Perbedaan Bimbingan Belajar di Sekolah dan di Bimbel


Perbedaan Bimbingan Belajar di Sekolah dan di Bimbel - Merupakan suatu hal yang wajar, apabila orangtua ingin mengikutsertakan anaknya ke suatu tempat bimbel untuk pelajaran tambahan mereka diluar sekolah. Namun, saat ini sekolah-sekolah dapat bercermin dan melakukan evaluasi pada sistem pembelajarannya. Karena, mampukah mereka mencetak siswa-siswi berkualitas? Mengapa anak-anak memerlukan pelajaran tambahan? 

Dengan semakin menjamurnya tempat bimbingan belajar yang menawarkan jaminan pelayanan pendidikan yang berkualitas, hal ini merupakan tantangan bagi sekolah-sekolah untuk meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan mereka. Salah satu alasan mengapa orangtua mengikutsertakan anak mereka kepada bimbel adalah mereka ingin memberikan yang terbaik untuk anak, dengan harapan mengikuti bimbel dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar. Berikut adalah beberapa perbedaan belajar di sekolah dan belajar melalui bimbel diluar sekolah. 

Metode Belajar
Perbedaan mendasar antara belajar di sekolah dan di bimbel adalah metode pembelajaran yang diberikan kepada siswa. Di sekolah, metode pembelajaran sudah diatur sedemikian rupa mengacu pada kurikulum yang digunakan pada sekolah tersebut. Pada dasarnya, materi dan target yang akan dicapai adalah sama, namun umumnya bimbel menerapkan metode yang lebih up to date dengan strategi belajar yang smart dan efektif. Mindset bimbel seperti ini mendorong minat para siswa dan orangtua untuk mengikuti bimbel. Tidak sedikit bimbel yang mengarahkan/memfokuskan tujuan dan target belajar melalui proses konseling secara personal. Sehingga anak memiliki tujuan yang jelas dan progress yang terukur. 

Fasilitas Belajar
Berkaitan dengan metode, fasilitas belajar antara sekolah dan bimbel umumnya berbeda. Bukan rahasia lagi, mengikuti bimbel seringkali membuat orangtua harus merogoh kocek lebih dalam. Hal ini menjadi salah satu kegelisahan orangtua khususnya yang berpenghasilan pas-pasan. Padahal, pola pikir seperti ini harus diubah, tidak sedikit bimbel dengan harga terjangkau yang mampu memberikan fasilitas dan kualitas pelayanan yang sama baiknya. Seperti pengajar berkualitas, materi dan metode pelajaran yang up to date dan efektif, hingga fasilitas lainnya seperti buku-buku dan perangkat pendukung yang mungkin tidak bisa didapatkan di sekolah.  


Jumlah Siswa
Bagi sebagian besar anak, belajar dalam ruang kelas dengan jumlah peserta belajar yang banyak merupakan hal yang kurang efektif dan membuat mereka tidak fokus. Dengan sistem pembelajaran privat, semi-privat, atau belajar dalam kelompok kecil yang umumnya ditawarkan bimbel, anak akan lebih fokus dalam memahami materi yang diajarkan. Hal ini menjadi salah satu alasan, mengapa anak ingin mengikuti bimbel. Selain itu, dengan kelompok belajar yang kecil, anak akan lebih mudah bertanya apabila ada sesuatu yang belum mereka mengerti, sehingga mereka dapat mengevaluasi sejauh mana mereka sudah memahami materi yang diajarkan. 

Aspek Pendidikan: Kognitif, Afektif, Psikomotorik
Bagi orangtua yang memahami betapa pentingnya menanamkan aspek pendidikan secara menyeluruh, akan memberikan alternatif tempat belajar yang terbaik bagi anak. Saat ini sudah banyak, sekolah-sekolah yang memberikan pendidikan tidak hanya yang sifatnya kognitif seperti pengetahuan/hafalan, pemahaman, analisis, dan evaluasi saja, namun juga sudah menanamkan aspek afektif yang berkaitan dengan sikap dan nilai, dan juga aspek psikomotorik yang berkaitan dengan keterampilan/skill yang merupakan kelanjutan dari aspek kognitif. Dengan metode pembelajaran menyeluruh seperti ini, diharapkan anak akan memiliki kualitas kecerdasan yang baik secara menyeluruh dan menjadi bekal bagi kesuksesannya di masa depan. 

Itulah beberapa penjelasan mengenai perbedaan belajar di sekolah maupun di tempat bimbel. Baik di sekolah maupun di bimbel, keduanya memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Peran orangtua sangat penting dalam menentukan langkah yang harus diambil dalam menentukan pendidikan anak, sehingga anak memiliki bekal terbaik dan dapat menggapai kesuksesan di masa depan. Semoga bermanfaat, ya!
Pendaftaran Les Via WA atau Telp
WhatsApp Telp