Bimbel & Privat Royal Education | Les Privat Bandung | Guru Privat datang ke Rumah

Bimbel Les Privat Bandung & Cimahi

Penawaran

Jumat, 22 Juni 2018

Tips Lancar Percakapan Bahasa Inggris Sehari-hari


Tips Lancar Percakapan Bahasa Inggris Sehari-hari - Speaking atau berbicara dalam bahasa inggris untuk percakapan sehari-hari seringkali menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian orang. Hal ini dikarenakan kurangnya latihan dan rendahnya rasa percaya diri sehingga enggan untuk mencoba bicara menggunakan bahasa inggris. Sebenarnya, berbicara dalam bahasa inggris tidak sesulit yang dibayangkan, lho! Asalkan kita mau terus mencoba dan berlatih agar terbiasa. Percakapan merupakan dialog dua arah, oleh karena itu kita harus memiliki kemampuan mendengar sekaligus berbicara. Agar sukses berbicara menggunakan bahasa inggris dalam percakapan sehari-hari berikut tips dasar yang dapat dicoba agar percakapan mengalir dan dapat dimengerti.

Greeting (Salam)
Percakapan umumnya dimulai dengan sapaan dan salam. Dalam berbicara menggunakan bahasa inggris, terdapat kalimat-kalimat umum yang digunakan dalam mengucapkan salam. Berikut contoh percakapan yang memuat kalimat salam dan sapaan yang umumnya digunakan dalam memulai suatu percakapan :

A : Hi/Hello, How are you?
B : I am Fine, Thank You. How about you?
A : I am very well, What are you doing?
B : I am waiting for someone. 
A : Oh, well. Ok have a nice day!
B : Thank You. Goodbye.

Introduction (Perkenalan)
Untuk dua pihak yang melakukan percakapan dan belum saling mengenal, setelah mengucapkan salam biasanya dilanjutkan dengan perkenalan. Beberapa kalimat yang umum digunakan dalam perkenalan dapat dilihat pada contoh dialog berikut:

A : Hello Ben. How are you doing?
B : Hello Anna, I want to introduce my cousins. This is Cindy and Doni. They live in Bandung.
A : Oh hello Cindy and Doni. I am pleased to meet you. 
C & D : Hello Anna, nice to meet you too. 
B : Cindy is the daughter of my Mother’s sister and Doni is the son of my Father’s sister. 
A : Oh I see. Enjoy Bandung, then. 


Talking About Profession 
Dalam percakapan dasar, membicarakan mengenai profesi merupakan hal yang umum dilakukan. Berikut merupakan beberapa contoh dialog yang dapat digunakan dalam bertanya dan menjelaskan mengenai pekerjaan:

A : What do you do, Ben?
B : I am a Lecture. I go to university almost every day. 
A : That’s great. What is the subject?
B : I teach physics. Previously, I studied about physics for my bachelor and master. 
A : Oh sounds good. You must be expert on that field.
B : I hope so, because I love physics so much. Thank You.  

Talking About Hobby
Percakapan dasar lain yang biasanya dilakukan adalah membicarakan mengenai hobi. Berikut pertanyaan dan jawaban yang dapat dijadikan referensi dalam memulai percakapan mengenai hobi:

A : What is your hobby, Ben?
B : I love playing soccer. I often play soccer in my leisure time.
A : How often do you play soccer?
B : I do it at least once in a month. I play with my office mate
A : Do you like swimming?
B : Yes I do. Do you?
A : Yes, I like too.
B : That’s very good.

Percakapan diatas adalah contoh yang umum digunakan dalam bahasa inggris sehari-hari. Selain percakapan tersebut, materi lain yang umumnya dibicarakan adalah mengenai daily activity, family member, Make an Appointment, dan sebagainya. 

Bimbel Royal Education, merupakan tempat les di wilayah Cimahi dan Bandung memberikan pelayanan tambahan belajar diluar sekolah dengan guru-guru bimbel berkualitas yang berasal dari PT terbaik misalnya ITB, UNPAD, dan UI, tentunya dengan biaya les yang terjangkau, yang akan membantu siswa-siswi dalam mempelajari basic conversation, sehingga mampu membiasakan diri melakukan dialog atau percakapan sehari-hari dalam bahasa inggris.
Pendaftaran Les Via WA atau Telp
WhatsApp Telp