Bimbel & Privat Royal Education | Les Privat Bandung | Guru Privat datang ke Rumah

Bimbel Les Privat Bandung & Cimahi

Penawaran

Senin, 16 Juli 2018

Ciri-Ciri Guru Les Privat Profesional dan Berkualitas yang dapat Membantu Anak Berkembang di Wilayah Bandung

Ciri-Ciri Guru Les Privat Profesional dan Berkualitas
Ciri-Ciri Guru Les Privat Profesional dan Berkualitas

Ciri-Ciri Guru Les Privat Profesional dan Berkualitas - Tambahan belajar atau les yang sifatnya privat menjadi pilihan menarik dan merupakan kebutuhan yang penting sehingga semakin diminati oleh siswa-siswi SD, SMP, SMA, maupun mahasiswa. Untuk dapat membantu siswa berkembang dan memiliki pemahaman yang baik akan materi pelajaran sekolah/kuliah, diperlukan guru les privat yang profesional dan berkualitas di bidangnya. Dalam memilih guru berkualitas, tidak hanya kecerdasan atau kemampuan akademik guru saja yang perlu diperhatikan tetapi juga terdapat hal lain. Apa saja ciri-ciri guru yang profesional dan berkualitas? Ayo kita lihat ulasannya dibawah ini:

1. Pengalaman Mengajar dan Kualifikasi yang Baik

Mengecek latar belakang guru, reputasi, pengalaman mengajar maupun kualifikasi merupakan hak siswa, kamu bisa bertanya ke lembaga bimbingan belajar yang menaungi guru les privat tersebut. Guru yang bernaung di bawah lembaga bimbingan belajar biasanya sudah diseleksi sejak awal mendaftar. Sehingga, umumnya lembaga bimbingan belajar yang memiliki rekam jejak yang baik, akan memiliki kualitas guru yang baik pula. Namun, hal ini tidaklah mutlak, kamu bisa mengecek melalui cara lain seperti mempertimbangkan testimoni teman, guru sekolah, atau saudara yang pernah belajar bersama guru tersebut. 

2. Karakter dan Kepribadian Guru yang Menyenangkan

Kebanyakan anak takut dengan guru yang galak, bukan? ☺ maka dari itu, perlu diperhatikan pula, bagaimana karakter dan kepribadian dari guru yang akan mengajari kita les privat. Sesuaikan dengan karaktermu, dan temukan kenyamanan dengan guru tersebut. Dengan begitu kamu leluasa bertanya ketika ada materi yang belum kamu pahami. Guru yang mengajar dengan cara menyenangkan akan membuat kita lebih nyaman dan enjoy dalam belajar dan membuat kita lebih mudah dalam menerima materi. Oleh karena itu, kenali terlebih dahulu bagaimana karakter dan kepribadian guru privat, dengan cara misal mencoba 1 bulan les privat. Jika tidak cocok, jangan memaksakan untuk lanjut ke bulan berikutnya. 

3. Kedisiplinan dan Sikap yang Positif

Selain kedisiplinan murid, kedisiplinan guru juga tak kalah penting. Justru, guru harus memberi contoh yang baik mengenai kedisiplinan. Sebagai contoh, guru harus hadir tepat waktu, apabila karena sesuatu hal tidak bisa hadir tepat waktu, maka perlu diinfokan terlebih dahulu, dan siapkan jam tambahan atas keterlambatan tersebut. Selain itu, masalah kehadiran. Guru yang sering izin atau tiba-tiba tidak hadir tanpa alasan merupakan salah satu ciri-ciri guru yang tidak profesional. Perlu perjanjian sejak awal mengenai jumlah jam belajar yang kita dapatkan. Hal yang berkaitan dengan kedisiplinan ini tentunya memerlukan kerjasama yang baik antara guru dan siswa agar tidak ada salah satu pihak yang dirugikan. 

4. Memperhatikan Penampilan dan Kebersihan Secara Wajar

Walaupun tidak mutlak menunjukkan guru dengan penampilan yang baik adalah guru yang profesional, namun dapat dikatakan guru profesional pasti tidak akan mengabaikan penampilan dan kebersihan dirinya. Tentunya kita malas kalau belajar dengan guru yang kotor, bau, dan penampilannya urakan, kan? Guru yang profesional adalah guru yang memperhatikan penampilan dan kebersihan secara wajar dan proporsional, sehingga murid tidak akan terganggu hanya karena penampilan gurunya. Memperhatikan penampilan secara wajar dapat berupa menggunakan pakaian yang bersih, rapi,  dan sopan. 

5. Guru yang Mampu Memotivasi Siswa Menjadi Lebih Baik

Selain sebagai penyampai materi, guru juga berperan sebagai sahabat bagi siswa-siswinya. Guru yang mampu membaur dengan siswa dengan cara yang baik dan wajar, akan membuat siswa merasa nyaman dan betah. Tidak dapat dipungkiri bahwa semangat siswa dalam belajar itu terkadang naik dan terkadang pula turun. Oleh karena itu, dalam situasi siswa tidak semangat belajar, guru diharapkan mampu memotivasi siwa-siswinya agar tidak mudah menyerah dan tetap menjaga semangat dalam belajar. 

Itulah beberapa ciri-ciri guru les privat yang berkualitas dan profesional. Jangan sampai salah guru, yah! Carilah guru dengan ciri-ciri yang sudah disebutkan diatas, agar dapat membantu kamu berkembang dan berprestasi di sekolah.
Pendaftaran Les Via WA atau Telp
WhatsApp Telp