Jasa Les Privat Bandung Cimahi

Bimbel Les Privat Bandung dan Cimahi, Guru ke Rumah Bandung

Penawaran

Senin, 01 April 2019

Pendaftaran UTBK: Inilah Soal SBMPTN 2019 Lengkap Dengan Kunci Jawaban (Prediksi)

Soal SBMPTN

Soal SBMPTN 2019 Lengkap Dengan Kunci Jawaban - Bagi kalian siswa kelas 12, pasti saat ini sedang cemas dan sibuk mempersiapkan diri mengikuti UTBK SBMPTN 2019 di bulan April ini, bukan? 

Nah untuk itu, mumpung kalian masih on fire untuk belajar dan berhubung waktunya sebentar lagi tiba, maka tidak ada salahnya kita membahas tentang soal SBMPTN 2019 disini. 

Kira-kira apa saja ya soalnya? Yuk, langsung saja disimak soal dan prediksi jawabannya ini! (ada dibagian akhir artikel)

Perbedaan Soal SBMPTN dari Tahun Sebelumnya

Bagi yang ingin melanjutkan pendidikan di Universitas Negeri pilihan, tentunya mengikuti SBMPTN sangatlah penting. Tidak hanya sebagai penyaring, SBMPTN juga menunjukkan kualifikasi dan kelas yang tidak sembarang orang bisa masuki. 

Lalu untuk mempersiapkan ujian tahun ini, kira-kira hal berbeda apa yang terjadi nantinya di dalam soal-soal yang diberikan?

1. Komposisi Soal

Kala informasi terkait UTBK diumumkan di bulan Januari silam, ternyata panitia sudah mengumumkan lho jika komposisi soal yang akan diberikan akan berubah. 

Lalu apa saja yang berubah? Ternyata usut punya usut, soal-soal tersebut berubah menjadi TKA Saintek/Soshum dan TPS. 

Untuk TKA Saintek/Soshum sendiri, pastinya kalian sudah tahu dong mapel apa saja yang nantinya akan diujikan?

Mulailah terjadi tebak-tebakan diantara calon peserta. Banyak yang menduga jika TPS merupakan pengganti TPA. Namun ada juga yang bilang jika TPS itu sebenarnya adalah bahasa inggris. 

Lalu ada juga yang mengatakan jika nanti Bahasa Inggris dan bahasa Indonesia dihapus. Yang mana yang benar? 

Nah, tidak usah khawatir, kamu cukup mempelajari komposisi soal dari panitia yang mana di dalamnya Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia masih tetap ada dan menjadi bagian dari soal TPS.

2. Jumlah Soal

Jika di SBMPTN sebelumnya soal per mapel yang diujikan di TKPA atau TKD Saintek/Soshum hanya berjumlah 15 soal, di ujian tahun 2019 ini, soal yang diberikan per mata pelajaran ada 20 soal. Itu artinya, jumlah soal berubah dari 150 soal menjadi 160 soal untuk kelompok ujian Saintek/Soshum dan berubah menjadi 180 soal bagi yang ujian Soshum.

3. Waktu Pengerjaan

Dengan bertambahnya soal, otomatis waktu pengerjaan secara total naik. Namun kenaikan ini ada di waktu untuk TPS, sedangkan waktu untuk TKA malah bisa dikatakan lebih sedikit jika dibandingkan dengan waktu kala pengerjaan TKD Saintek/Soshum SBMPTN 2018.

4. Alokasi Waktu Pengerjaan

Jika di ujian sebelumnya, alokasi waktu dihitung per jenis ujian, sekarang ini waktu pengerjaan akan dihitung per komponennya. Dengan kata lain, semua anak akan mengerjakan mata pelajaran yang sama dengan batas waktu yang telah ditentukan. 

Semua pukul rata, jadi ketika waktu habis, maka kamu harus mau tidak mau berpindah ke komponen lain dan tidak bisa kembali ke mata pelajaran yang sebelumnya. Hal ini tentu berbeda di ujian SBMPTN tahun 2018 dulu yang mana selama alokasi waktu yang tersedia, siswa bebas mengerjakan bab mana dulu asal sesuai alokasi saja.

Tips-Tips Mengikuti SBMPTN

Sudah paham bukan dengan bahasan sebelumnya soal perbedaan ujian tahun 2018 dengan sekarang? Nah, tidak perlu khawatir. Pasalnya, disini kita akan membahas tips and trick untuk bisa sukses mengerjakan soal UTBK SBMPTN. Silahkan disimak ulasannya ya!

Untuk informasi tentang tes UTBK SBMPTN 2019 secara resmi bisa di akses di SBMPTN LTMPTN

Informasi UTBK SBMPTN

1. Belajar Bersama Teman

Untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin, tidak ada salahnya kamu mencoba menghadapi TPS dan TPA secara bersama-sama. Kamu bisa belajar bersama teman dan saling membantu dalam memecahkan soal. 

Kamu juga bisa mencoba berlomba mengerjakan sesuai batas waktu untuk melihat sejauh mana kemampuanmu dibanding yang lain. Hal ini sangat bermanfaat untuk proses evaluasi lho.

2. Kerjakan Pelan-Pelan

Meski soal SBMPTN berbatas waktu, tapi tidak ada salahnya kamu mencoba tenang dan tidak terburu-buru dalam mengerjakan soal. Ingat, semua hal yang dikerjakan buru-buru hasilnya tidak akan maksimal. 

Pikirkan saja jawabanmu secara matang dan pastikan juga itu adalah jawaban yang tepat. Apalagi, tipe soal semacam UTBK haruslah dikerjakan dengan ketelitian dan ketepatan. Untuk itu, biasakan diri mengerjakan soal dengan pelan namun usahakan sesuai juga dengan waktu yang ada.

3. Sering Latihan soal

Salah satu cara utama dalam menyongsong ujian adalah dengan memperbanyak mengerjakan soal. Jadi jangan Cuma melakukan review materi saja, kamu juga harus mencoba berbagai macam bentuk soal agar terbiasa. 

Selain itu, bersikap pasif kala belajar akan membuatmu terjebak pada illusions of competence. Hal ini mengakibatkan kita merasa PD dengan kemampuan memori otak padahal kita tidak bisa apa-apa kala diminta mengerjakan ulang. Jadi, please be active ya guys!

4. Siapkan Kesehatan Diri

Pelaksanaan UTBK memang disadari atau tidak pasti menguras tenaga dan pikiran. Oleh sebab itu, persiapkan fisik dan kesehatanmu sebaik mungkin. Jaga matamu agar tidak terlalu lelah dalam menatap layar komputer. 

Upayakan juga untuk tidur tepat waktu. Yang terpenting, jangan pernah memaksakan diri untuk belajar kala sudah tidak kuat. Jika perlu, konsumsi vitamin dan suplemen agar daya tahan tubuhmu terjaga.

Itulah beberapa cara menyambut soal ujian SBMPTN tahun 2019 agar bisa sukses. Ujian saringan masuk Universitas ini memang harus dipersiapkan sebaik mungkin. Pasalnya, berdasarkan data dari www.e-sbmptn.com, faktor utama tidak lolosnya peserta seleksi lantaran banyak dari mereka yang tidak memahami materi dan bentuk soal. 

Untuk tahun 2018/2019 saja misalnya, menurut data panitia, sebanyak 165.831 dari 860.001 peserta saja yang dinyatakan lolos seleksi ujian. Bukankah hal tersebut berarti dari jumlah total peserta, prosentase kelulusan hanya sekitar 19,2 % saja? Lalu bagaimana nasib 80,8 % peserta lainnya yang gagal? 

Tentunya dibutuhkan usaha yang cukup untuk pulih dari rasa kecewa dan kesedihan yang mendalam akibat tidak lulus ujian.

Untuk itulah, sangat perlu seorang siswa untuk memiliki kisi-kisi soal ujian beserta pembahasan lengkapnya. Soal dan jawaban ini nantinya akan disediakan dalam satu paket sama seperti tahun-tahun sebelumnya ya guys. 

Selain itu, prediksi soal untuk materi SBMPTN tahun 2019 dan pembahasannya juga akan diberikan. 

Jadi bagi adik-adik yang ingin melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi atau yang belum berhasil lolos ujian tahun sebelumnya lalu ingin kembali mencoba peruntungan masuk ke Kampus impian, ayo segera saja miliki prediksi soal SBMPTN 2019 beserta jawabannya ini.

  • Soal-soal bisa dipelajari dari website Zenius, silakan klik disini
  • Latihan Soal SBMPTN Tes Potensi Skolastik (TPS) dari web RUANG GURU bisa klik disini
  • Blog Aina Mulyana berisikan latihan dari soal asli SBMPTN tahun-tahun sebelumnya, bisa download soal SBMPTN nya disini

Kesempatan emas tidak datang dua kali lho. jadi jangan sampai kamu melewatkannya dan menyesal lantaran tidak lulus di Perguruan Tinggi Negeri yang kamu impikan. Nah, bagi kamu yang sudah memilikinya, tidak perlu minder dan takut. 

Tetap belajar rajin, semangat dalam mengerjakan soal, berusaha memberikan yang terbaik, serta jangan lupa selalu berdoa. Dijamin usahamu tidak akan sia-sia. 

Bukankah suatu hasil tidak akan mengkhianati usaha yang dilakukan? Jadi jangan patah arang ya guys! Semoga ulasan ini bermanfaat.
Pendaftaran Les Via WA atau Telp
WhatsApp Telp