Bimbel Online

Bimbel Online, Solusi Belajar Masa Kini

Bimbel Online Berkualitas


Bimbingan belajar Online atau yang sering kita kenal dengan sebutan bimbel online, adalah kegiatan belajar tambahan yang dilakukan di luar jam sekolah. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk membantu siswa agar meningkatkan kemampuan mereka dalam bidang akademis maupun non akademis.

Seiring dengan perkembangan dunia pendidikan dan juga perkembangan gaya belajar siswa, kegiatan bimbingan belajar tidak hanya dapat dilakukan secara konvensional, yaitu dengan bertatap muka seperti halnya kegiatan belajar mengajar di sekolah, namun saat ini juga dapat di lakukan secara online.

Kegiatan bimbingan belajar secara online saat ini menjadi salah satu alternative di masa pandemi ini, karena siswa dapat melakukan kegiatan belajar dengan menggunakan perangkat elektronik yang mereka miliki, seperti laptop dan smartphone. Dengan menggunakan perangkat elektronik tersebut, siswa dapat dengan mudah mengunduh video pembelajaran dan dapat memutar video tersebut berulang kali. Selain itu, terdapat pula soal soal latihan yang dapat siswa kerjakan secara online untuk menguji kemampuan diri siswa.

Namun, sebelum memilih lembaga bimbingan belajar mana yang sesuai dengan kebutuhan siswa, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain:

Kualitas Pengajar

Sebelum memilih bimbingan belajar, alangkah lebih baik untuk mencari informasi mengenai bimbingan belajar tersebut. Informasi tersebut dapat di peroleh di website lembaga bimbingan belajar yang bersangkutan.

Pilih Bimbel Online yang Sesuai dengan Kepribadian Siswa

Hal ini bertujuan agar siswa merasa nyaman selama melakukan bimbingan belajar, sehingga siswa dapat mengerti dan memahami materi yang diajarkan dengan baik.

Fasilitas yang disediakan

Pilihlah bimbel online yang memiliki fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan siswa, seperti modul yang sesuai dengan kurikulum yang dipakai pada saat ini, tryout yang dapat menunjang kemampuan siswa, serta perangkat yang menunjang untuk melakukan pembelajaran secara online, seperti laptop atau PC.

Kesesuaian Kurikulum

Sebelum memilih lembaga bimbingan belajar, pastikan apakah lembaga bimbingan belajar tersebut menggunakan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Hal ini sangat penting untuk diketahui karena tidak semua lembaga bimbingan belajar memiliki acuan kurikulum yang sama dengan kurikulum yang di terapkan di sekolah.

Baca juga: Les Privat Online: Cara Baru Belajar di Era Digital

Untuk itu, pastikan apakah lembaga bimbingan belajar yang akan di pilih sudah menerapkan kurikulum yang sesuai dengan kurikulum yang di terapkan di sekolah atau belum, agar nantinya siswa dapat melakukan kegiatan bimbingan belajar dengan baik sehingga dapat mencapai hasil yang maksimal.

Manfaat Mengikuti Bimbel Online

Setelah memahami hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum memilih lembaga bimbingan belajar online mana yang sesuai, ternyata ada banyak manfaat yang dapat siswa peroleh ketika melakukan bimbingan belajar secara online, antara lain:

  1. Fleksibilitas
    Bimbingan online menawarkan fleksibilitas, yang membuat siswa dapat melakukan bimbingan belajar dimana saja dan kapan saja.
  2. Materi pembelajaran yang tidak terbatas
    Dengan memilih bimbingan belajar secara online, siswa mendapatkan kesempatan untuk mengulang serta mempelajari materi yang telah diajarkan sepuasnya, karena siswa dapat dengan mudah mengunduh video materi pembelajaran dan mengulangnya kembali.
  3. Materi yang di sajikan lebih menarik
    Materi yang di berikan saat bimbingan belajar secara online selalu di sajikan lebih menarik, dengan menggunakan animasi, atau video pembelajaran yang membuat siswa lebih tertarik dan bersemangat untuk melakukan bimbingan belajars secara online.
  4. Biaya yang cenderung lebih terjangkau
    Biaya yang dikeluarkan untuk melakukan bimbingan belajar secara online jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan bimbingan belajar secara konvensional. Hal ini disebabkan karena bimbingan online dapat dilakukan dimana saja, sehingga siswa dapat melakukannya di rumah.

Selain itu, siswa tidak perlu membeli buku yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari di bimbingan belajar, namun cukup dengan membuka materi yang telah di siapkan dalam bentuk video ataupun e-book dan siswa hanya perlu mengunduhnya.

Bimbel Online Persiapan UTBK SBMPTN

Bimbingan belajar online tidak hanya diperuntukkan bagi siswa yang ingin menguasai mata pelajaran tertentu, namun juga diperuntukkan bagi mereka yang ingin mempersiapkan diri untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang bangku perkuliahan.

Seperti yang kita ketahui, ada berbagai macam jenis jalur yang bisa dipilih untuk bisa masuk ke perguruna tinggi, seperti jalur seleksi besar atau yang kita kenal dengan SBMPTN, dan juga jalur khusus yang diperuntukkan bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di sekoolah kedinasan.

Tentu saja, materi yang akan di berikan kepada siswa yang akan mengikuti tes tersebut kan berbeda dengan siswa lainnya. Berikut ini adalah materi-materi yang akan siswa dapatkan bagi mereka yang mengikuti bimbingan belajar secara online untuk tes SBMPTN dan sekolah kedinasan

Materi bimbingan belajar online untuk SBMPTN

TPS (Tes Potensi Skolastik)

• Penalaran umum
• Pemahaman bacaan dan menulis
• Pengetahuan dan pemahaman umum
• Pengatahuan kuantitatif

TKA Saintek

• Matematika IPA
• Fisika
• Kimia
• Biologi

TKA Soshum

• Matematika IPS
• Geografi
• Sejarah
• Sosiologi
• Ekonomi

Materi bimbingan belajar online untuk sekolah kedinasan

  • Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
  • Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)


Untuk bimbingan belajar online yang ditujukan untuk mengikuti seleksi ke sekolah kedinasan, materi yang akan di pelajari disesuaikan dengan sekolah kedinasan yang dituju.

Demikian informasi mengenai bimbingan belajar online, semoga informasi yang telah di paparkan dapat membantu banyak orang, khususnya bagi siswa-siswa yang akan dan sedang mencari lembaga bimbingan belajar untuk menunjang kebutuhan belajar mereka. Saat ini kami Bimbel Royal Education membuka pendaftaran bimbel online bagi siswa dan siswi SD, SMP, SMA, Mahasiswa untuk persiapan belajar, penilaian harian, AKM Online, Ujian Sekolah, UTBK SBMPTN, Tes Masuk STAN, dan tes sekolah kedinasan lainnya.

Informasi lebih lanjut silakan klik disini

Write a Comment