Cara Belajar Bahasa Inggris

Cara Belajar Bahasa Inggris Dari Pemula Sampai Mahir

Cara Belajar Bahasa Inggris Dari Pemula Sampai Mahir

Sebagai alat komunikasi internasional, menguasai Bahasa Inggris bisa membawa peluang baru untuk Anda. Jika ingin belajar Bahasa Inggris, maka berikut ini adalah cara belajar Bahasa Inggris secara otodidak yang paling efektif!

Cara Belajar Bahasa Inggris harus dimulai dari mana?

Sebagian besar orang sulit belajar karena tidak tahu bulai dari mana. Tips pertama untuk Anda adalah belajar sesuai level kemampuan Anda. Mengetahui level kemampuan bisa membantu pembelajaran lebih mudah dan lebih efektif.

Level kemampuan dalam course biasanya dibagi menjadi 4 level yaitu:

Level beginner

Level beginner adalah level paling rendah. Pada level kemampuan ini pengetahuan seseorang mengenai bahasa Inggris masih sangat minim. Bisa dikatakan mereka yang masih memiliki level beginner ini belum memiliki kemampuan apapun.

Level intermediate

Level ini adalah level menengah. Level ini adalah level dimana Anda sudah mengetahui dasar bahasa. Contohnya adalah memiliki cukup banyak vocab dan sudah paham mengenai grammar.

Level advance

Level advance adalah level yang cukup tinggi. Dalam level ini biasanya seseorang harus bisa membiasakan diri untuk membaca dan menulis.

Level Native

Level native adalah level paling tinggi dimana seseorang mulai berlatih bicara agar seperti seseorang yang mengenakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama.

Nah berdasarkan level-level di atas, cara belajar Bahasa Inggris yang harus digunakan juga berbeda-beda. Untuk tahu level kemampuan yang Anda miliki. Coba cari tes yang bisa membantu mengetahui level kemampuan Anda.

Materi belajar Bahasa Inggris Dasar

Materi belajar Bahasa Inggris dasar sesuai dengan level kompetensi
Setelah tahu level kemampuan, langkah selanjutnya adalah menentukan materi yang tepat. Belajar materi yang tepat akan membuat langkah pembelajaran lebih mudah. Beda level kemampuan beda juga materinya. Ini disebabkan karena tiap level membutuhkan skill baru untuk bisa naik ke level selanjutnya.

Berikut ini adalah rekomendasi materinya.

Level beginner

Level beginner adalah level paling bawah. jika berada di level ini biasanya pengetahuan bahasa Inggris masih sangat terbatas. banyak learner yang ada di level ini tidak memiliki banyak perbendaharaan Bahasa Inggris. Jika Anda ada di level ini, jangan khawatir atau minder. Semua orang pernah ada di level ini.

Jika ada di level ini, materi yang paling cocok untuk pembelajaran adalah memperbanyak perbendaharaan kata. Sangat penting untuk punya kosa kata yang luas jika Anda ingin mahir dalam sebuah bahasa. Dengan kata simple, Anda bisa berkomunikasi singkat dengan Bahasa Inggris.

Contohnya jika Anda bicara eat maka lawan bicara paham Anda ingin makan dan menunjukkan restaurant.

Level intermediate

Jika Anda ada di level intermediate, artinya Anda sudah punya vocab yang cukup untuk mengatarkan Anda pada materi lebih tinggi. dalam level ini materi yang harus Anda pelajari adalah grammar. Grammar bisa disebut sebagai tulang dari sebuah bahasa.

Menggunakan kosa kata dasar memang bisa membantu Anda berkomunikasi dengan singkat. Tapi jika Anda ingin terlihat lebih smart dan ingin lebih mudah dimengerti, grammar adalah kunci. Grammar membuat Anda bisa dimengerti dan mengerti pembicaraan dalam percakapan.

Level advance

Bagi Anda yang sudah masuk ke level advance, Anda bisa mulai mencoba materi baca dan tulis. Grammar Anda akan lebih lengkap dengan kemampuan baca tulis. Pasalnya banyak kata dalam Bahasa Inggris yang memiliki pengucapan mirip padahal artinya beda.

Level native

Sudah ada di level native? Selamat! tugas Anda hanya perlu bermain! Tapi jangan salah, Anda harus bermain di lingkungan yang tepat. bermainlah di lingkungan yang juga memiliki level native agar kemampuan bicara Anda tidak diragukan lagi. Jangan takut salah, banyak orang belajar dengan lebih baik dari kesalahan. So, jangan ragu untuk mulai bicara dengan Bahasa Inggris, ini adalah cara belajar Bahasa Inggris paling tepat untuk level Anda.

Cara Belajar Bahasa Inggris dari Nol Hingga Advance

Penjabaran tentang cara gampang belajar Bahasa Inggris yang pertama dan kedua sudah jelas bukan? juga Anda sudah tahu level kemampuan dan tahu materi pembelajaran efektif, maka langkah selanjutnya adalah tahu cara efektif untuk menyerap semua materi. Ini dia caranya.

Level beginner

Jika Anda ada di level pemula, cara berlatih yang paling tepat adalah dengan menerapkan sistem fun learning. Bagi pemula fun learning lebih memungkinkan karena belajar kosa kata bisa sangat membosankan.

Beberapa teknik fun learning ini adalah dengan:

  • main games di ponsel,
  • nonton drakor dengan subtitle Bahasa Inggris,
  • atau mencari arti lirik lagu favorit Anda
  • teknik di atas hanya sebagian cara. Anda bisa coba dengan aktivitas lain yang Anda sukai sebagai alternatif lain.

Level intermediate

Ada di level intermediate? Sesuai dengan acuan sebelumnya, level ini paling tepat belajar grammar. Belajar grammar juga bukan hal yang mudah. oleh karena itu, untuk lebih mudah memahami grammar belajar teori dan kerjakan soal grammar. Cara ini adalah cara yang paling efektif.

Tips: cari tahu beberapa grammar yang mirip dan perbanyak soal untuk grammar tersebut. hal ini akan membantu Anda mengetahui perbedaannya dan lebih gampang memahaminya.

Level advance

Di level ini cara belajar Bahasa Inggris yang tepat adalah membaca buku teks Bahasa Inggris atau mulai bicara dengan bahasa tersebut. Jika sulit bagi Anda untuk menemukan lingkungan guna mengasah kemampuan speaking, Anda bisa membayangkan diri Anda pada sebuah situasi yang membutuhkan bahasa Inggris.


Level native

Traveling! Hal ini akan sangat membantu Anda.

Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Belajar bahasa asing memang tidak mudah, apalagi jika dilakukan sendiri. oleh karena itu, berikut ini cara gampang belajar Bahasa Inggris yang fun untuk memudahkan proses belajar Anda.

  1. Mulai dengan menyempatkan untuk belajar selama 30 menit setiap hari. Anda bisa menambah durasi jika sudah terbiasa.
  2. Selalu lakukan review mengenai apa yang Anda pelajari hari ini.
  3. Gunakan imajinasi percakapan.
  4. Buat goal tiap harinya.

Baca juga: Kursus Bahasa Inggris di Cimahi: dari Manfaat hingga Biaya Kursus

Goal Belajar Bahasa Inggris untuk pemula

Menentukan goal sangat penting untuk tracking perkembangan Anda. Goal ini bisa banyak bentuknya. Misalnya:

  • Cari 10 vocab baru setiap harinya,
  • Baca buku teks Bahasa Inggris yang ringan dan cari maknanya,
  • Lakukan percakapan selama 5 menit tiap harinya, baik sendiri atau dengan orang sesungguhnya.


Cara mudah menyerap materi belajar Bahasa Inggris otodidak
Untuk menyerap materi dengan lebih mudah dalam proses dan cara belajar Bahasa Inggris ini ada 3 kunci yang harus Anda lakukan yaitu:

  1. Konsisten : selalu lakukan setiap hari, luangkan waktu
  2. Review: selalu review pembelajaran hari ini dan hari kemarin agar lebih mantap
  3. Jangan takut: jangan takut salah, jangan takut di cemooh. Bukan kesalahan yang menghentikan Anda tapi rasa takut Anda.


Cara mudah menyerap kata dasar Bahasa Inggris


Fun learning adalah kunci pembelajaran kosa kata. Belajar dengan hal yang disukai membuat kosa kata lebih mudah diingat. Jika Anda ingin lebih serius, coba temukan 10 kata baru tiap hari, cari artinya di kamus dan Anda akan mendapatkan 300 kata baru setiap bulan.


Belajar apapun memang tidak mudah, termasuk belajar Bahasa Inggris. Tapi Anda bisa selalu bisa cari cara belajar Bahasa Inggris yang lebih mudah dengan teknik di atas. Selamat belajar!

Write a Comment