fbpx
Cara Mengajar Anak Membaca
Cara Mengajar Anak Membaca

15 Cara Mengajari Anak Membaca Paling Kreatif dan Edukatif

Membaca merupakan skill dasar yang wajib dimiliki oleh anak, sehingga berlatih bagaimana cara mengajar anak membaca harus dilakukan sedini mungkin. Usia 3-4 tahun atau paud merupakan saat yang tepat, karena kemampuan motorik halus otak anak bisa terasah dengan baik. Mengajar anak usia dini tentu bukanlah perkara mudah. Pasalnya anak mudah sekali merasa bosan dengan keinginan yang selalu berubah-ubah.

Untuk itu, diperlukan cara yang kreatif namun tetap edukatif. Sehingga anak bisa menyerap ilmu yang disampaikan tanpa merasa terbebani dengan materi yang berikan. Apabila masih kesulitan, anda bisa mengikuti beberapa cara membimbing anak membaca berikut ini!

Cara Mengajari Anak Membaca Berdasarkan Kemampuannya

Setiap usia anak memiliki kemampuan menyerap informasi yang berbeda. Oleh karena itu, metode pembelajaran yang diberikan pun juga berbeda dan disesuaikan.

Cara Mengajari Membaca Anak Kelas 1

Metode atau cara yang paling tepat untuk mengajari anak kelas 1 membaca adalah dengan metode abjad. pertama-tama anak harus dikenalkan dengan huruf abjad A-Z. Ajarkan mereka untuk menghafal setiap huruf baik bentuk maupun pengucapannya.

Dirasa cukup mengerti, anda bisa meminta mereka untuk menyambungkan huruf-huruf tersebut untuk membentuk satu suku kata. Usahakan anda memilih suku kata yang familiar di telinga mereka. Seperti k-a-k-a-k, m-a-m-a, p-a-p-a, a-d-i-k, dll

Cara Mengajari Anak Membaca Umur 7 Tahun

Sebenarnya anak yang berusia 7 tahun biasanya telah menginjak kelas 1 SD. Selain belajar membaca di sekolah, anda juga bisa mengajarinya melalui metode kupas rantai suku kata. Metode ini merupakan kebalikan dari metode abjad. Di mana anak diajarkan untuk mengenal berbagai suku kata yang ringan dan familiar seperti mama, papa, maem, dll.

Setelah itu, ajaklah anak untuk membedah huruf untuk masing-masing kata. Contohnya kata ‘’Mama’’ memiliki susunan huruf m-a-m-a.

Cara Mengajarkan Anak Membaca Dan Menulis Permulaan

Karena masih permulaan, tentu anda harus mengajari anak secara perlahan dan sabar. Step awalnya dilakukan dengan memberikan pengetahuan mengenai huruf abjad. Bisa dari poster ataupun media elektronik. Pada saat mengajari membaca, berikan target kepada anak setiap harinya baik bentuk maupun pengucapannya.

Setelah anak menguasai seluruh materi huruf abjad A-Z, kemudian mintalah mereka untuk menirukan dan menulis huruf tersebut pada kertas. Dirasa sudah cukup mahir, anda bisa mengajarkan mereka untuk meyambungkan beberapa huruf melalui tulisan sehingga membentuk satu suku kata. Lakukan latihan ini secara terus-menerus, niscaya anak akan mudah membaca dan menulis.

Cara Mengajari Anak Membaca Tanpa Mengeja

Belajar membaca tanpa mengeja merupakan teknik belajar yang mengharuskan anak untuk menghafal suku kata. Proses pengenalan pun harus menyenangkan seperti dengan card warna-warni atau video dari youtube. Agar kemampuannya lebih berkembang, ajarkan anak membaca dan menghafal suku kata yang lebih variatif.

Baca juga: Mengenali Karakteristik dan Perbedaan Cara Mendidik Anak SD, SMP, dan SMA

Tidak sampai di situ, ajarkan mereka mengenai huruf konsonan dan mati. Sehingga anak bisa mengerti struktur untuk masing-masing suku kata. Agar kemampuan membaca suku kata anak berkembang, latihlah mereka setiap hari dengan menambah jumlah suku kata.

Cara Mengajari Anak TK Membaca

Biasanya anak yang sudah menginjak pendidikan Taman Kanak-kanak masih berusia 5-6 tahun. di usia ini tentu anak masih sangat sulit diatur, sehingga cara pengajarannya pun harus kreatif dan menyenangkan.

Langkah pertama kenalkan mereka dengan jenis-jenis huruf abjad. Anda bisa memilih mainan huruf abjad warna-warni atau poster bergambar. Ajaklah mereka untuk mengeja masing-masing huruf, jangan beralih ke huruf yang lain sebelum anak tersebut mampu menghafal bentuk dan pelafalan huruf tersebut.

Untuk step yang lebih kompleks, biasanya TK B anda bisa mengajarkan mereka untuk menggabung beberapa huruf. Ajaklah mereka untuk membaca gabungan dari huruf-huruf tersebut.

Cara Mengajari Anak Membaca Umur 6 Tahun

Sama dengan anak TK, anak yang berusia 6 tahun masih suka bermain-main. Agar mereka bisa menangkap pelajaran membaca dengan baik, maka pilihlah metode belajar yang menyenangkan. Berikan mereka gambar dari beberapa benda, usahakan pilih benda yang eye catching sehingga anak tertarik.

Setelah itu, berikan pengetahuan untuk nama-nama dari masing-masing benda tersebut. Ajaklah anak untuk membedah huruf dari kata tersebut. jadi, secara tidak langsung anak bisa belajar mengetahui nama benda sekaligus menghafal huruf abjad.

Cara Mengajari Anak Paud Membaca

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan lembaga non formal di mana siswanya masih berada di bawah umur sekitar 3-4 tahun. Di usia ini, anak masih belum tertarik untuk belajar dan lebih cenderung untuk bermain. Oleh karena itu, anda bisa memanfaatkannya dengan cara mengajar membaca dengan bermain.

Berikan mereka huruf abjad warna-warni, dan susun secara rapi. Bantu mereka untuk membaca masing-masing huruf dan bagaimana bentuknya. Apabila mereka mengelak dan tidak mau menurut, usahakan anda tidak memarahinya. Hal yang terpenting dalam mengajari anak Paud membaca adalah pengenalan.

15 Cara Mengajarkan Anak Membaca Dengan Mudah Dan Berhasil

Poin 1-7 lebih condong pada metode pengenalan membaca dan menulis yang disesuaikan dengan usia anak. Untuk poin ini, anda bisa belajar bagaimana cara mengajari anak secara general. Berikut 15 cara membimbing anak membaca.

Kenali Keterampilan Inti Anak

Cara pertama dalam membimbing anak agar sukses adalah dengan mengenali kemampuan dan keterampilan inti anak. Apakah anak lebih suka belajar melalui gambar, kata, lagu, dan lain sebagainya. Jadi, langkah belajar selanjutnya bisa disesuaikan dengan cara belajar favorit anak.

Belajar Melalui Lagu Anak-Anak

Kenalkan anak pada lagu-lagu yang berisikan lirik yang ringan dan familiar didengar anak. setelah itu, ajaklah mereka untuk mengingat kata-kata yang membuat mereka tertarik.

Siapkan Kartu Membaca

Untuk menyokong keinginan belajar anak, anda bisa membeli atau membuat sendiri kartu suku kata. Pilihlah kartu yang memiliki kata yang sama dengan lirik lagu yang diingat anak.

Siapkan Huruf Abjad Mainan dan Gambar Benda

Setelah kartu kata telah siap, kini anda bisa mengajak anak untuk membedah masing-masing huruf pada kata tersebut. Siapkan huruf abjad mainan yang berwarna-warni agar mereka lebih tertarik untuk menyambung-nyambungkan huruf tersebut.

Lakukan Permainan

Sebagai anak-anak tentu belajar masih menjadi kegiatan yang lebih menyenangkan dibanding belajar. Maka buatlah suasana belajar lebih mirip dengan bermain. Ajak mereka untuk tebak huruf yang mengisi kata tertentu.

Mencatat Nama Benda

Agar anak bisa membaca lebih cepat, anda bisa menggabungkan waktu belajar dengan kegiatan sehari-hari. seperti mencatat nama benda yang berada di sekitarnya.

Memanfaatkan Teknologi

Selain metode belajar manual seperti mainan huruf atau kata, anda juga bisa mengenalkan anak untuk belajar melalui teknologi. Berikan mereka tontonan bagaimana cara mengeja sebuah kata.

Membaca Buku Cerita atau Dongeng

Meskipun terlihat sepele, tetapi membaca buku dongeng atau cerita sangat ampuh untuk merangsang kemampuan motorik anak. ditambah lagi dengan gambar-gambar lucu pada buku dongeng, pasti anak menjadi lebih senang.

Permainan Tebak Gambar

Tips dan cara selanjutnya aga anak lebih cepat membaca adalah dengan melakukan permainan tebak gambar. Mintalah mereka untuk menebak nama dari gambar yang anda berikan.

Sabar dan Jangan Marah

Anak tidak menurut dan rewel tentu hal yang sangat wajar bagi anak. Agar tidak trauma, janganlah memarahi anak ketika malas belajar.

Penuhi Kamar dengan Huruf

Cara kreatif lain agar anak mudah membaca adalah dengan mendekor kamarnya penuh dengan huruf. Jadi mereka bisa belajar menghafalkan huruf kapan saja mereka mau.

Beri Hadiah

Sebagai bentuk apresasi agar anak lebih giat belajar, berikanlah anak hadiah yang mereka sukai.

Puji Kemampuan Anak

Siapa yang tak suka dipuji? Apabila anak berhasil menghafal atau mengeja huruf atau kata pujilah mereka agar merasa dihargai.

Menulis Nama Teman

Sekolah merupakan dunia baru bagi anak, maka tak heran anak selalu excited dengan teman-teman barunya. Gabungkan kesenangan mereka dengan teknik belajar. Mintalah mereka menulis nama-nama temannya. Jadi kegiatan membaca jauh lebih menyenangkan.

Tetapkan Jam Belajar

Tetapkan jam belajar untuk anak, sehingga mereka bisa lebih disiplin.
Nah, itulah mengenai 15 cara mengajari anak membaca yang paling kreatif dan mudah. Anda juga bisa menyesuaikan metode belajar dengan usia anak. sehingga mereka bisa menangkap seluruh informasi yang diberikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *