Cara Mengubah Kuota Belajar

Cara Mengubah Kuota Belajar Kemendikbud Work 100%

Cara Mengubah Kuota Belajar
Cara Mengubah Kuota Belajar

Perlu kamu ketahui adanya kuota Kemendikbud hanya di khususnya kepada beberapa golongan. Di antaranya adalah untuk guru, dosen, pelajar dan mahasiswa. Untuk besaran kuota gratis yang didapatkan dari Kemendikbud tersebut sebesar 30 GB. Sedangkan masa aktifnya sampai dengan 30 hari.

Berlaku untu semua provider baik dari Telkomsel, Axis, Tri, Smartfren dan Indosat. Masih disayangkan kalau kuota Kemendikbud hanya bisa digunakan untuk aplikasi tertentu. Tidaklah bebas untuk digunakan. Maka dari itu pastinya kamu perlu tahu penjelasan cara mengubah kuota belajar menjadi kuota internet jika ingin memakainya.

Sebenarnya setiap provider menyediakan ad acara tersendiri untuk mengubahnya. Entah menggunakan aplikasi tambahan ataupun tidak untuk merubah jenis paket kuota tersebut menjadi kuota regular. Jika mencoba langkah yang akan dishare ini, pastikan sudah memiliki nomer HP yang terdaftar mendapatkan kuota Kemendikbud. Kamu bisa melakukan beberapa cara mengubah kuota belajar menjadi kuota internet di bawah ini.

Cara Mengubah Internet Paket Belajar Menjadi Paket Internet Tanpa Aplikasi

Di sini ada cara mengubah internet paket belajar kemendikbud menjadi kuota utama tanpa aplikasi tambahan. Akan tetapi pastikan HP Anda support untuk mengaksesnya. Jika Anda pemilik HP Android, untuk menjalankan cara ini tahapannya adalah:

  • Masuk setting HP Android kamu dan kemudian cari menu Mobile Data dan SIM Card.
  • Pilih SimCard yang tersedia kuota Kemendikbud. Misalnya kuota ada di SIM 2, silahkan pilih pada menu SIM 2 handphone Anda.
  • Setelah masuk silahkan pilih menu “Access Point Name”. Tambahkan APN baru dengan klik bagian ikon (+) untuk menambahkan APN baru di HP milik Anda.

Terdapat beberapa format yang harus diisi untuk menjalankan, dan cara mengubah kuota belajar kemendikbud menjadi kuota utama silahkan edit APN berikut ini.

Name : internet belajar
APN : hdbelajar
Username : hdbelajar
Password : hdbelajar
APN Protocol : IPv4 / IPv6

Apabila sudah terisikan semuanya maka langkah terakhir adalah klik “SAVE” yang ada di sisi pojok kanan bagian atas. Terakhir cara mengubah kuota belajar menjadi kuota internet tinggal memilih APN (Access Point Names) internet belajar sesuai dengan yang sudah dibuat diatas. Aktifkan paket data maka kuota Kemendikbud sudah bisa dijadikan kuota reguler.

Cara Mengubah Internet Paket Belajar Kemendikbud Menjadi Paket Internet Utama Pakai Aplikasi

Adapun langkah lain selain cara di atas. Jika cara mengubah kuota belajar kemendikbud menjadi kuota utama diatas belum sukses, maka harus memakai aplikasi tambahan. TLS Tunnel nama aplikasinya.

Baca juga: Cara Mengajar Anak SD Paling Efektif

Aplikasi pihak ketiga ini bisa berjalan jika disetting sesuai dengan Langkah di bawah ini.

  • Langsung saja menuju Google Play Store kamu di android dan cari TLS Tunnel.
  • Untuk membuka aplikasi TLS Tunnel biasanya akan muncul notifikasi Allow TLS Tunnel to Access This Devices Location. Silahkan memilih Allow Only While Using The App. Langkah terakhir pilih Close.
  • Jika sudah masuk maka akan tampil tulisan Term of Use, silahkan klik centang di sisi kanan atas menu ini.
  • Di bagian menu Connection Methoud, silahkan memilih Custom SNI. Di SNI Host silahkan masukkan g.whatsaap.com dan di bagian Server silahkan pilih HK1. Di isian Port pilih T443.
  • Setelah selesai silahkan klik Start maka akan muncul sebuah notifikasi kembali, klik OK.
  • Langkah terakhir, pilih Logs di menu sisi kanan Home. Dibagian menu logs apabila muncul menu connecting maka langkah yang sudah Anda jalankan di atas berhasil. Kuota Kemendikbud kini sudah menjadi kuota utama.

Cara Mengubah Internet Paket Belajar Kemendikbud Menjadi Kuota Utama Telkomsel

Cara ubah kuota belajar telkomsel jadi reguler bisa dijalankan sesuai dengan dua tahapan diatas. Dimana pada aplikasi yang sudah dijalankan akan terdapat beberapa cara tambahan mengingat pada setiap provider internet sudah pasti menunya juga berbeda. Dimana dalam setiap provider sudah ada pengaturan berbeda di menu setting smartphonenya juga.


Sebagai pengguna yang bijak maka langkah dalam mengubahnya harus menjalankan beberapa trik tambahan. Untuk cara ubah kuota belajar telkomsel jadi reguler silahkan SNI Host yang memiliki beberapa bug dirubah sesuai yang bisa. Terdapat beberapa SNI Host yang dibagikan di website internet dan Anda bisa mencobanya satu persatu.


Dengan memakai beberapa yang dijelaskan diatas, jika sesuai langkah yang benar maka kuota belajar sudah dapat dijadikan kuota utama. Mudah bukan cara ubah kuota belajar telkomsel jadi reguler di provider telkomsel.?


Cara Mengubah Kuota Belajar Kemendikbud Menjadi Kuota Utama Axis


Mengubah kuota Kemendikbud bagi provider Axis terbilang mudah. Silahkan memakai beberapa langkah yang sudah dijelaskan diatas. Tentunya harus memakai aplikasi sesuai dengan penjelasan diatas. Mengingat provider Axis sendiri hamper sama dengan provider lain dari segi setting.


Download lebih dulu beberapa aplikasi yang pada umumnya juga bisa digunakan untuk mengubah setting smartphone misalnya TLS Tunnel di Play Store. Kemudian jalankan langkah-langkahnya seperti yang sudah dibahas diatas. Bisa juga memakai aplikasi lain seperti HTTP Injector dan HTTP Custom.

Cara Mengubah Kuota Belajar Kemendikbud Menjadi Kuota Utama 3 (Tri)

Cara mengubah kuota belajar 3 menjadi kuota utama selain bisa memakai dua cara diatas juga bisa memakai aplikasi lain, yakni HTTP Injektor. Langkahnya adalah sangat simple kok, inilah urutannya:

  • Buka Play Store dan download HTTP Injector. Setelah terdownload dan install silahkan membukanya.
  • Berikutnya cara mengubah kuota belajar 3 menjadi kuota utama dengan masuk beranda aplikasi klik icon yang ada di pojok sebelah kanan atas.
  • Klik impor Config dan pilih Config yang sudah didownload sebelumnya di internet. Klik Connect dan proses pun selesai.


Dengan memakai beberapa langkah tersebut dijamin kuota Kemendikbud sudah bisa digunakan sebagai kuota utama. Sudah paham bukan cara mengubah kuota belajar 3 menjadi kuota utama? Dibawah ini ada beberapa cara untuk provider lainnya.


Cara Mengubah Kuota Belajar Kemendikbud Menjadi Kuota Utama Smartfren


Setelah menginstal dan menjalankan aplikasi TLS Tunnel, kuota belajar Kemendikbud di provider Smartfren memang harus ada sedikit tambahan pengaturan. Langkah tambahan antara lain:

  • Buka menu beranda dan Setting VPN Setting. Kemudian aktifkan opsi pada menu conection packets on atau off.
  • MTU Size silahkan diganti dengan angka 2020. Lalu silahkan aktifkan dengan tanda ON lalu DNS Forwarding serta Google DNS dan akhiri dengan SAVE.
  • Kembali ke beranda dan klik connect sampai aplikasi berjalan dan tersambung.


Cara Mengubah Kuota Belajar Kemendikbud Menjadi Kuota Utama Indosat


Bagi pengguna Indosat, untuk merubah kuota belajar Kemendikbud ke kuota utama bisa memakai sejumlah alternatif cara. Buka proxy memakai Header HTTP Custom, TLS Tunnel atau dengan Script Phyton. Untuk menjamin kecepatan koneksi silahkan titik akses poin (APN) dirubah lebih dulu.


APN khusus pengguna Indosat silahkan isi sesuai dengan mengisi Nama menjadi Indosatoredo dan APN silahkan isikan www.indosatoredoo.com. Simpan untuk merubah APN bawaan provider Indosat dan kemudian masuk ke aplikasi yang sudah terunduh sebelumnya untuk dijalankan.


Cara Mengubah Kuota Belajar Kemendikbud Menjadi Kuota Utama XL


Pengguna provider XL yang ingin merubah kuota belajar Kemendikbud menjadi kuota utama cukup melakukan setting yang sama sesuai dengan setting pada provider Axis. Karena provider ini satu jaringan. Sehingga dengan mengikuti beberapa panduan dan cara diatas, kuota belajar bisa digunakan untuk brosing dan akses internet seperti kuota utama milik Anda.


Demikianlah tentang cara dan langkah mengubah kuota belajar kemendikbud menjadi kuota utama dan internet yang bisa Anda coba. Dengan mempelajari beberapa langkah diatas akan membuat kuota Anda semakin mudah digunakan. Semoga berhasil!

Write a Comment