fbpx
Definisi Wawasan Nusantara
Definisi Wawasan Nusantara

Definisi Wawasan Nusantara: Pengertian, Fungsi, Asas dan Implementasinya

Definisi Wawasan Nusantara sendiri adalah cara pandang bagi sebuah bangsa dalam mencapai tujuannya. Untuk bisa mencapai tujuan sebuah bangsa, harus ada landasan kuat tentang persatuan dan kesatuan. Tanpa adanya keberpihakan kepada kepentingan pribadi ataupun golongan.

Wawasan tersebut digunakan untuk pedoman dasar, visi misi, rambu-rambu, dukungan, dan dorongan bangsa untuk menetapkan kebijaksanaan, tindakan dan keputusan yang berguna untuk seluruh warga negara. Untuk lebih detail lagi tentang wawasan Nusantara bisa disimak pembahasan di bawah ini.

Pengertian Wawasan Nusantara

Wawas, dalam etimologi Bahasa Jawa mempunyai arti sendiri. Wawas dalam satuan kata wawasan bisa diartiken menjadi pandangan. Sedangkan untuk nusantara bisa diartiken menjadi satuan beberapa kepulauan. Jadi dalam artian yang lebih luas dan lebih detail, wawasan nusantara ini adalah pandangan bangsa Indonesia didalam mewujudkan cara pandangnya untuk mempersatukan semua kepulauan yang terletak diantara dua benua dan dua samudera.

Definisi wawasan nusantara sesuai dengan ketetapan MPR tahun 1999 menjelaskan jika wawasan nusantara merupakan cara pandang serta sikap bangsa Indonesia didalam mengenali lingkungan sekitar yang beragam serta bernilai strategis untuk menyelenggarakan kehidupan berbangsa, bernegara sesuai dengan tuuan nasional yakni mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.

Tujuan Wawasan Nusantara

Tujuan Wawasan Nusantara
Tujuan Wawasan Nusantara

Wawasan nusantara memiliki dua tujuan yakni tujuan ke luar dan tujuan ke dalam. Dua tujuan itu adalah:

Tujuan wawasan nusantara ke luar

Mendukung kehidupan yang lebih meluas serta saling menghormati dalam upaya menjamin kepentingan negara di era globalisasi seperti saat ini. Serta sesuai dengan pandangan UUD 1945 yakni turut serta dalam upaya melaksanakan ketertiban dunia sesuai dengan dasar kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Dalam kehidupan internasional, bangsa Indonesia memang ingin menjaga dan mengamankan kepentingan nasional. Sehingga dengan melakukan langkah ini, negara akan bisa menjalin kerjasama ekonomi, politik, sosial budaya, pertahanan dan keamanan untuk kepentingan bersama.

Tujuan wawasan nusantara ke dalam

Di dalam semua aspek, bangsa Indonesia selalu mengutamakan persatuan dan kesatuan sebagai salah satu jaminan jika semua aspek kehidupan masyarakat akan selalu normal. Hal ini dijalankan baik dalam kondisi alamiah maupun kepentingan sosial.

Baca juga: 15 Jurus Ampuh Cara Belajar Bahasa Inggris yang Bakalan Buat Kamu Jago!

Bangsa Indonesia mengutamakan kepekaan atas apa saja yang memberikan efek disintegrasi bangsa dengan terus mengedepankan rasa persatuan dan kesatuan sesuai semboyan Bhineka Tunggal Ika.

Fungsi Wawasan Nusantara

Fungsi Wawasan Nusantara
Fungsi Wawasan Nusantara

Tujuan utama bangsa Indonesia mengutamakan sikap berwawasan nusantara. Definisi wawasan nusantara menurut fungsinya adalah untuk menjaga nilai nasionalisme yang tinggi di beberapa jenis aspek kehidupan dengan mengutamakan kepentingan Negara dibandingkan kepentingan individu, kelompok, suku, daerah dan golongan.

Dalam hal ini wawasan nusantara dijadikan hirarki paradigma sosial berdasarkan:

  1. Hirarki 1: Landasan Ideologi mengacu pada Pancasila sebagai landasan ideologi bangsa, dasar negara dan falsafah hidup bangsa Indonesia.
  2. Hirarki 2: Landasan Konstitusi adalah UUD 1945.
  3. Hirarki 3: Landasan Visional yakni wawasan nusantara.
  4. Hirarki 4: Landasan Konsepsional yaitu Ketahanan Nasional.
  5. Hirarki 5: Landasan Operasional yaitu GBHN (Garis-Garis Besar Haluan Negara)

Sesuai dengan beberapa hirarki diatas, fungsi wawasan nusantara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara antara lain:

  1. Wawasan Pembangunan: Ada beberapa unsur yang menjadi wawasan pembangunan bangsa Indonesia yakni sosial, politik, pertahanan, keamanan, kesatuan politik, ekonomi serta sosial ekonomi.
  2. Wawasan Pertahanan dan Keamanan: Pandangan ke arah geopolitik bangsa Indonesia yang mencakup tanah air dan seluruh wilayah kepulauan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).
  3. Wawasan Kewilayahan: Pemahaman mengenai seluruh batas wilayah NKRI supaya tidak ada sengketa dengan wilayah Negara tetangga.
  4. Wawasan Ketahanan Nasional: Konsep yang memiliki peranan bagus untuk merencanakan pembangunan, pembagian wilayah dan pertahanan keamanan negara.

Definisi Asas Wawasan Nusantara

Asas Wawasan Nusantara
Asas Wawasan Nusantara

Sesuai definisi wawasan nusantara yang sudah dijelaskan diatas, terdapat asas yang menjadi kaidah wajib dilaksanakannya ketentuan dasar ini untuk semua elemen masyarakat supaya terdapat keseimbangan dan terciptanya perdamaian di Indonesia. Ada 5 asas wawasan nusantara, diantaranya:

  1. Asas Solidaritas
    Solidaritas bisa di gambarkan sebagai perasaan emosianal yang terbentuk karena ada hubungan diantara individu dan kelompok. Perasaan ini timbul karena sudah ada keterikatan rasa percaya antara individu atau kelompok tersebut. Dengan memiliki kesamaan cita-cita, rasa dan tanggung jawab maka akan mengasilkan kepedulian.
    Dengan adanya solidaritas serta terbentuknya kesetiaan, maka untuk membentuk nilai persatuan dan kesatuan negara pun menjadi lebih mudah. Itulah mengapa rasa solidaritas mampu memupuk bangsa Indonesia dalam mewujudkan tujuan bersama.
  2. Asas Kesamaan Tujuan
    Kesamaan tujuan menjadi tolok ukur negara Indonesia bisa memproklamasikan kemerdekaan saat itu. Hal inilah yang selalui menjadi dasar mengapa semua warga Negara harus memiliki kesamaan dalam tujuan untuk bisa mewujudkan semua impian bangsa di masa depan.
  3. Asas Kejujuran
    Asas wawasan nusantara yang bisa menumbuhkan persatuan dan kesatuan berikutnya adalah kejujuran. Dengan menanamkan kejujuran kepada semua warga negara, maka semua tindakan dan keinginan yang akan dicapai bisa segera terlaksana. Itulah kunci penting kemajuan sebuah negara untuk lebih baik dibandingkan dengan negara lain.
  4. Asas Keadilan
    Semua unsur masyarakat berhak mendapatkan keadilan secara seimbang. Hal ini memberikan kemudahan dalam mewujudkan semua cita-cita bangsa. Dengan tidak ada yang dirugikan maka segala aspek kehidupan bangsa akan semakin merata dalam sektor ekonomi, politik, sosial dan hukum.
  5. Asas Kerja Sama
    Kesadaran mengedepankan kebersamaan akan menumbuhkan ikatan baik di semua elemen masyarakat. Sehingga tujuan bangsa Indonesia akan semakin cepat terlaksana. Dengan memiliki jiwa kerjasama dan gotong royong, semua tantangan berbangsa dan bernegara akan semakin mudah teratasi.

Implementasi Wawasan Nusantara

Berdasakan definisi wawasan nusantara, terdapat beberapa unsur implementasi yang mempengaruhi terlaksananya pandangan hidup bangsa Indonesia. Sejumlah penerapan implementasi wawasan nusantara di era sekarang ini misalnya:

  1. Bidang Pertahanan dan Keamanan
    Implementasi di bidang pertahanan dan keamanan terwujud dari sikap dalam membentuk kedisiplinan saat membela negara. Selain itu perwujudannya seperti memberikan jaminan keamanan, solidaritas antar daerah dan pembangunan sarana prasarana pendukung.
  2. Bidang Politik
    Implementasi wawasan nusantara dibidang politik terwujud dari sikap berusaha menciptakan sistem pemerintahan yang jujur, bersih, kuat sehingga bisa dipercaya semua warga Indonesia. Selain itu harus memiliki komitmen penuh ketika melaksanakan pemilu dengan dasar demokrasi serta membangun hubungan baik dalam rangka diplomatik bersama negara lain.
  3. Bidang Ekonomi
    Implementasi wawasan nusantara dalam bidang ekonomi misalnya memanfaatkan semua hasil alam untuk kemakmuran rakyat dan terus mengolah kekayaan negara demu keberlangsungan perekonomian lebih baik kedepannya. Dengan menerapkan sistem otonomi daerah maka semua aspek perekonomian masyarakat akan lebih seimbang dan tidak akan menambah angka kemiskinan di negeri ini.
  4. Bidang Sosial
    Implementasi wawasan nusantara di bidang sosial diwujudkan dari sikap saling menghormati dan menghargai perbedaan suku, ras, agama dan budaya di seluruh warga Indonesia. Dengan sikap ini maka keberagaman di Indonesia akan bisa dijadikan warisan leluhur untuk terjaganya persatuan dan kesatuan bangsa.
Implementasi Wawasan Nusantara
Implementasi Wawasan Nusantara

Itulah definisi wawasan nusantara berdasarkan pengertian, fungsi dan implementasinya selama ini. Mudah-mudahan dengan penjelasan diatas Anda akan semakin memahami tujuan dan pandangan bangsa Indonesia di masa mendatang.

Kata Kunci Pencarian:

  • \" Pentingnya Wawasan Nusantara Dalam Meningkatkan Rasa Persatuan Dan Kesatuan Bangsa\"
  • 3 Contoh Keberhasilan Pelaksanaan Asas Wawasan Nusantara Di Bidang Hukum
  • 20 Soal Tentang Wawasan Nusantara
  • 2. Apa Signifikansi Wawasan Nusantara Bagi Pembangunan Indonesia Di Era Pemerintahan Jokowi-jk?
  • 15. Apa Yang Telah Anda Lakukan Untuk Membangun Indonesia Dalam Konteks Wawasan Nusantara
  • 10 Soal Dan Jawaban Tentang Wawasan Nusantara
  • 10 Prinsip Wawasan Nusantara Dalam Pelaksanaan Otonomi Daerah
  • 1. \" Pentingnya Wawasan Nusantara Dalam Meningkatkan Rasa Persatuan Dan Kesatuan Bangsa\"
  • 1. \" Pentingnya Wawasan Nusantara Dalam Meningkatkan Rasa Persatuan Dan Kesatuan Bangsa
  • 1. Mengapa Kita Harus Memahami Dan Mepelajari Wawasan Nusantara ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *