fbpx
Bhinneka Tunggal Ika

Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Makna Bhinneka Tunggal Ika

Bhinneka Tunggal Ika adalah sebuah semboyan yang sudah tertera dalam lambang Negara Indonesia. Tentu saja semboyan bangsa ini perlu kita junjung tinggi kedudukannya. Bhinneka Tunggal Ika kini dijadikan sebagai ikrar pemersatu bangsa yang mampu getarkan jiwa.

Semboyannya saja menggambarkan sebuah persatuan serta kesatuan dari Bangsa Indonesia yang mempunyai keberagaman Suku Bangsa, Bahasa Daerah, Budaya, Agama bahkan kepercayaan. Semboyan tersebut memberikan sebuah bukti akan keberagaman Bangsa Indonesia. Dari sini kita pun perlu menghargai sebuah perbedaan.

Perbedaan bukanlah sebuah alasan bagi seseorang memecah belah persaudaraan. Meskipun terkesan beragam sekali, bangsa Indonesia tetaplah satu kesatuan yang tak mampu terpisahkan. Disinilah arti dari Bhinneka Tunggal Ika kita dapatkan. Perlu anda ketahui jika ikrar sederhana penuh makna itu telah diambil dari kitab Sutasoma hasil karya Mpu Tantular. Sudah seharusnya anda paham terkait semboyan bangsa Indonesia ini.

Pengertian Seputar Bhinneka Tunggal Ika

Ketika kita mengulas tentang Bhinneka Tunggal Ika maka anda perlu mengetahui apakah pengertiannya. Sebetulnya Bhinneka Tunggal Ika berasal dari bahasa Jawa Kuno. Pengertian secara harfiahnya: Bhinneka adalah beraneka ragam, Tunggal artinya adalah satu, sedangkan Ika adalah itu. Pengertian Bhinneka Tunggal Ika dalam buku Sutasoma adalah agama Budha dan Siwa (Hindu) merupakan zat berbeda. Meskipun terpecah belah tetaplah menjadi satu, yang memiliki arti tidak ada dharma yang mendua.

Semboyan tersebut memang sengaja diambil dari sebuah kitab atau kakawin Sutasoma karangan dari Empu Tantular. Ia hidup selama masa kerajaan Majapahit tepatnya abad ke 14 Masehi. Berkat hadirnya semboyan tersebut maka bangsa Indonesia pun mampu dipersatukan hingga semua keberagaman pun menjadi bagian NKRI.

Hal tersebut memberikan sebuah gambaran jika persatuan maupun kesatuan sudah terjadi di wilayah Indonesia. Keberagaman penduduknya ini terdiri dari beraneka macam suku, bahasa daerah, agama, ras bahkan kepercayaan yang tak mampu membuat bangsa Indonesia terpecah. Dari segala perbedaan tersebut akhirnya terbentuklah semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Menariknya lagi semboyan tersebut sudah dijadikan sebagai lambang negara Garuda Pancasila. Semboyan tersebut menunjukkan adanya persatuan serta kesatuan bangsa Indonesia yang mempunyai keberagaman penduduknya. Lambang dari negara Indonesia tentu saja Garuda Pancasila.

Lambang negara tersebut bentuknya burung Garuda dengan kepala menoleh sebelah kanan bahkan perisai pun mirip sekali dengan jantung yang digantung dengan rantai pada bagian leher Garuda. Kebhinekaan bangsa Indonesia pun kini mencakup kebhinekaan budaya, ras, agama, gender, suku bahkan juga mata pencaharian.

Lambang Negara Indonesia Burung Garuda

Mengenal Fungsi dari Semboyan Bhinneka Tunggal Ika

Setelah anda memahami tentang pengertiannya, kini sudah saatnya memahami tentang fungsinya. Kita sebagai warga Indonesia pastinya sudah mengenal semboyan dari bangsa Indonesia. Membuat sebuah semboyan bagi bangsa tentu saja ada banyak tujuannya. Mereka mempunyai beragam harapan dalam membangun bangsa.

Dari situlah akhirnya terlahir sebuah semboyan yakni Bhinneka Tunggal Ika. Mungkin bagi anda yang belum paham merasa penasaran mengenai fungsinya. Adapun beragam fungsi yang harus anda ketahui diantaranya:

Mampu ciptakan persatuan serta kesatuan bangsa Indonesia

Siapa sangka semboyan Bhinneka Tunggal Ika ini mampu mempersatukan bangsa Indonesia yang begitu beragam dalam sebuah kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dilansir dari Garba Rujukan Digital ternyata semboyan tersebut menjadi falsafah bangsa yang tidak memihak pada suku, kebudayaan, ras,agama maupun bahasa.

Baca juga: Cara Menulis Daftar Pustaka untuk Jurnal

Tetapi semboyan tersebut justru mampu mempersatukan semua hal tersebut menjadi satu kekuatan bangsa Indonesia. Siapa sangka ternyata Indonesia mempunyai 1.340 suku bangsa berbeda. Semboyan tersebut memang mampu persatukan semua suku bangsa bahkan menghindarkan adanya perang antar suku bangsa.

Mampu ciptakan toleransi dalam kehidupan berbangsa serta bernegara

Kini semboyan Bhinneka Tunggal Ika mampu ciptakan sebuah toleransi dalam keberagaman bangsa Indonesia. Dengan begitu meskipun ada perbedaan terkait bahasa, suku, bahkan budaya maka masyarakat pun akan tetap saling menerima satu dengan lainnya. Inilah yang membuat semboyan tersebut harus dijunjung tinggi. Saling bertoleransi meskipun berbeda dalam hal apapun memang perlu dilakukan. Dari situ kerukunan pun bakalan tercipta. Terlebih ketika perbedaan agama terjadi maka kita seharusnya mampu saling menghormati. Bangsa Indonesia dengan keberagaman dalam berbagai hal ini terbilang unik sekali. Menariknya semua mampu bersatu berkat semboyan tadi.

Baca Juga:  12 Daftar Lagu Kemerdekaan Indonesia

Menjadi rambu dalam pengambilan kebijakan politik maupun hukum

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika ini memang sudah tercantum jelas pada pita yang telah dicengkram lambang negara kita. Semboyan tadi menjadi sebuah bagian dari ideologi sekaligus cara pandang bangsa Indonesia dalam hal pengambilan sebuah keputusan. Kebijakan serta keputusan yang sudah dibuat oleh pemerintah tentu saja tidak boleh melanggar semboyan. Semua manusia sekaligus warga negara memang sama pada dasarnya. Sehingga kebijakan pun perlu adil bahkan mengutamakan yang namanya kepentingan umum. Tidak ada yang namanya menguntungkan salah satu pihak saja. Jadi berkat adanya semboyan tersebut semuanya terasa lebih mudah. Apalagi dalam hal pengambilan sebuah keputusan penting mengenai hokum serta politik.

Menjadi alat dalam pencapaian cita-cita bangsa

Bhinneka Tunggal Ika kini menjadi sebuah alat dalam pencapaian cita-cita bangsa Indonesia seperti yang telah tertuang pada pembukaan UUD 1945. Cita-cita luhur dari bangsa Indonesia adalah melindungi bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Pastinya ada banyak cita-cita bangsa yang harus diwujudkan. Berkat bantuan dari para pahlawan kemerdekaan Indonesia juga bisa didapatkan. Meskipun sebelumnya memang terasa sulit karena banyaknya perbedaan di negara ini. Namun semuanya mampu menjadi satu bahkan penuh perdamaian berkat semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Mampu menjaga perdamaian bangsa Indonesia

Siapa sangka ternyata semboyan Bhinneka Tunggal Ika ini mampu tanamkan kesetaraan sekaligus sikap toleransi antar manusia sehingga perdamaian sekaligus kerukunan selalu terjaga. Dari toleransi tersebut maka tumbuh sebuah sikap kekeluargaan serta tolong –menolong dalam hal bermasyarakat.

Konflik internal pun akhirnya bisa terhindarkan. Berkat adanya semboyan tersebut maka masyarakat Indonesia yang beragam ini mampu bersatu menjadi satu. Tiada lagi yang namanya perpecahan ketika mengingat Bhinneka Tunggal Ika. Kita sebagai warga negara Indonesia harus menjunjung tinggi semboyan tersebut.

Itulah tadi berbagai macam fungsi dari Bhinneka Tunggal Ika yang perlu anda ketahui. Semoga saja dengan mengetahui fungsinya tadi anda tetap menjunjung tinggi semboyannya. Sebagai warga negara yang baik harus paham dengan semboyan negara kita.

Jangan sampai perbedaan membuat anda terpecah belah, kini semboyan tadi sudah dijadikan landasan agar mampu mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Sebagai generasi penerus bangsa yang mampu menikmati kemerdekaan dengan mudah sebaiknya mampu menerapkan semuanya dalam kehidupan keseharian.

Sejarah terkait semboyan Bhinneka Tunggal Ika

Sejarah mengenai semboyan bangsa Indonesia pertama kalinya dimulai semenjak abad ke 14 tepatnya saat masa kerajaan Majapahit. Semboyan tadi berada dalam sebuah kitab kakawin Sutasoma hasil karya Mpu Tantular. Hingga suatu ketika raja Majapahit yang tersohor itu dipimpin oleh Hayam Wuruk.

Sedangkan dalam sebuah kitab kakawin ternyata maknanya adalah toleransi antar umat beragama. Meskipun nantinya hadir beragam perbedaan yang mampu menjadi satu. Tentunya hal tersebut mampu berikan makna paling inspiratif bagi bangsa Indonesia. Walaupun bangsa Indonesia sudah mempunyai keberagaman dari berbagai pihak. Maka pembuatannya pun juga tidak lama.

Bhinneka Tunggal Ika ternyata di ambil dari sebuah kitab kakawin Sutasoma. Meskipun berbeda-beda tetap menjadi satu. Pada saat itu konteks mengenai semboyan tersebut ditekankan pada keberagaman agama serta aliran kepercayaan para penduduk Majapahit. Namun semenjak dijadikan semboyan bangsa Indonesia maka maknanya pun juga semakin diperluas.

Kini semboyan tersebut lebih ditekankan pada berbagai macam aspek. Jadi bukan hanya keberagaman agama saja. Melainkan keberagaman budaya, suku bahkan bahasa sekalipun. Semboyan tadi diusulkan pertama kalinya oleh Mohammad Yamin tepatnya saat sidang BPUPKI.

Hingga pada akhirnya presiden Ir. Soekarno kala itu juga memberikan usulan semboyan tersebut ketika melakukan perancangan lambang negara Indonesia yaitu Burung Garuda Pancasila. Pada akhirnya Bhinneka Tunggal Ika pun secara resmi sudah menjadi semboyan bagi bangsa Indonesia yang akhirnya dicantumkan bersama Burung Garuda Pancasila.

Arti Bhinneka Tunggal Ika adalah betbeda-beda tetapi tetap satu jua. Dimana masyarakat Indonesia baik dari agama, suku maupun ras berbeda semuanya tetap bersatu.

Semboyan tersebut bahkan memberikan penjelasan secara tegas mengenai keanekaragaman di berbagai aspek kehidupan. Jadi kita harus mampu bertoleransi antara satu dengan lainnya. Dengan begitu bangsa Indonesia mampu menjadi bangsa yang utuh tanpa perpecahan. Keanekaragaman yang ada memang bukan sebuah ancaman melainkan pemersatu yang mampu memperkuat jalinan kehidupan antar masyarakat Indonesia.

Baca Juga:  Part of Speech: Penjelasan Pengertian, Jenis, Contoh, dan Cara Penggunaan

Fungsi utama dari Bhinneka Tunggal Ika ini adalah menjadi sebuah landasan persatuan serta kesatuan dari bangsa Indonesia. Hingga masyarakat pun akhirnya bisa hidup dengan saling menghargai serta menghormati keberagaman yang sudah ada.

Bhinneka Tunggal Ika juga bukan sekedar semboyan semata namun bisa dijadikan sebuah pedoman dalam kehidupan. Hingga akhirnya kita pun juga mampu menjadikannya sebagai sarana meraih cita-cita bangsa Indonesia.

Makna menarik dari Bhinneka Tunggal Ika

Bhinneka Tunggal Ika pastinya menjadi bagian paling penting dari bangsa Indonesia.Jadi semboyan tersebut kini bisa dijadikan sebagai gambaran secara meluas. Bukan hanya itu saja teryata makna semboyan tersebut menggambarkan adanya persatuan serta kesatuan bangsa Indonesia.

Bhinneka Tunggal Ika mengandung makna meskipun bangsa Indonesia terbilang beragam dalam banyak hal. Semuanya mampu terintregasi dengan baik berkat sebuah persatuan bangsa. Itulah yang menjadi sebuah keunikan tersendiri dari bangsa Indonesia.

Presiden Indonesia pun merasa bersyukur jika negaranya kaya akan suku serta agama sehingga mampu pertahankan serta memelihara kesatuan. Meskipun bangsa Indonesia mempunyai beragam perbedaan ternyata mereka bisa menjaga persatuan yang kini menjadi inspirasi untuk negara lainnya.

Indonesia kini sudah mempunyai 714 suku bangsa namun tetap mampu memelihara persatuan. Sementara itu untuk beberapa negara yang lain ternyata tidak mampu memelihara perbedaannya.

Meskipun dari segi jumlah sukunya memang tidak sebanyak di Indonesia. Tetapi berkat perjuangan dari para pahlawan maka Indonesia sekarang ini sudah menjadi negara kokoh. Bahkan sejak awal berdiri ternyata Indonesia menjadi negara berbhineka.

Mengenal Prinsip dari Bhinneka Tunggal Ika

Bhinneka Tunggal Ika

Semboyan dari bangsa Indonesia ini ternyata mempunyai beberapa prinsip penting yang harus anda pahami. Setiap prinsip yang ada mempunyai tujuan tersendiri. Pastinya demi memajukan bangsa Indonesia agar menjadi bangsa lebih maju serta berbudaya.

Meskipun banyak keberagaman yang ada di sini ternyata semuanya mampu bersatu berkat Bhinneka Tunggal Ika. Meskipun berbeda-beda tetaplah menjadi satu juga. Kini sudah saatnya anda mengetahui berbagai macam prinsipnya.

Adapun prinsip dari Bhinneka Tunggal Ika yaitu:

  • Common Denominator, yakni semboyan yang biasanya dijadikan sebagai cara untuk mencari sebuah prinsip dalam setiap keberagaman baik itu budaya, agama, ras bahkan bahasa sekalipun.
  • Mempunyai sifat inklusif, Semboyan itu dijadikan sebagai pedoman bagi masyarakat agar mampu hidup lebih harmonis bahkan bisa saling menjaga toleransi. Dari situ persatuan maupun kesatuan bangsa Indonesia terasa semakin kuat saja.
  • Memiliki sifat universal serta menyeluruh, Semboyan negara Indonesia memang perlu diterapkan pada semua lapisan masyarakat tanpa terkecuali demi kesatuan serta persatuan bangsa Indonesia.
  • Bersifat konvergen, Meskipun ada banyak keberagaman agama, suku, ras bahkan bahasa seharusnya tidak menimbulkan permasalahan besar. Tetapi hal tersebut perlu dijadikan sebagai dasar agar mampu memupuk rasa kesatuan dan juga persatuan bangsa Indonesia.

Itulah tadi beberapa prinsip dari semboyan bangsa Indonesia yang perlu anda ketahui. Setelah membacanya sekilas tentu saja anda semakin mengerti tentang prinsipnya. Hingga bangsa Indonesia mampu tumbuh dan berkembang seperti sekarang ini. Tetap menjunjung tinggi semboyan negara memang harus dilakukan. Dimana semboyan tersebut menjadi pemersatu beragam perbedaan yang ada. Rasa toleransi bahkan kerja sama pun hadir dengan sendirinya.

Indonesia memang negara dengan sejuta keberagaman yang ada.dimana keberagaman tersebut sudah menjadi simbol akan persatuan dan akhirnya mampu dikemas dalam sebuah bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Inilah mengapa kita harus mampu menjaganya tetap utuh dan juga harmonis.

Belakangan ini bangsa Indonesia seringkali mengalami sebuah krisis toleransi. Setiap perbedaan yang ada ternyata justru menimbulkan sebuah perpecahan. Padahal namanya perbedaan seharusnya bisa menjadikan bangsa Indonesia semakin indah dan lebih berwarna lagi.

Kita sebagai warga negara baik harus mampu menjaga persatuan serta kesatuan bangsa dengan cara menganut paham toleransi. Jangan sampai Indonesia menjadi terpecah belah hanya karena beragam isu yang negatif. Ingatlah sebuah pepatah “Bersatu kita teguh,bercerai kita runtuh.”

Bentuk keberagaman dari bangsa Indonesia

Indonesia memang menjadi negara kaya baik itu dari segi sumber daya alamnya bahkan juga keberagaman lainnya. Ada berbagai macam bentuk keberagaman di Indonesia ini. Baik itu keberagaman agama, keberagaman suku, keberagaman anggota golongan bahkan juga keberagaman ras sekalipun. Supaya anda lebih jelas lagi mengenai hal tersebut sebaiknya simak ulasan penting berikut ini:

Keberagaman suku bangsa

Indonesia merupakan negara kepulauan. Dimana dari segi geografisnya saja memang berbeda antara satu dengan lainnya. Inilah mengapa Indonesia mempunyai banyak suku bangsa. Suku bangsa tersebut disebut pula etnik yang artinya penggolongan orang yang mempunyai satu keturunan.

Bukan hanya itu saja ternyata kelompok suku bangsa sudah ditandai dengan adanya kesamaan baik itu dalam bahasa, budaya, agama, perilaku bahkan juga cirri biologis yang sudah dimiliki. Setiap suku bangsa di Indonesia memiliki ciri maupun karakter tersendiri dalam aspek budaya maupun social. Kini Indonesia sudah mempunyai lebih dari 300 kelompok suku. Lebih tepatnya lagi berkisar 1.340 suku bangsa.

Baca Juga:  Belajar Mandarin Ke Indonesia: Bahasa Mandarin Sehari-hari untuk dipraktekkan

Keberagaman dalam agama

Tak bisa dipungkiri lagi jika Indonesia menjadi salah satu negara religious. Dimana hal tersebut sudah terbukti pada sila pertama Pancasila yakni Ketuhanan Yang Maha Esa. Kebebasan dalam beragama pun juga sudah dijamin dalam UUD 1945 tepatnya pasal 29. Bunyi dari pasal tersebut negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa dan Negara menjamin kemerdekaan tiap-tipa penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing serta beribadat sesuai agama dan kepercayaannya.

Baca juga: Bahasa Mandarin Sehari-hari untuk dipraktekkan

Perlu anda ketahui di Indonesia sendiri sudah ada enama agama yang telah diakui oleh negara. Agama-agama tersebut adalah Islam,Katolik, Kristen,Budha,Hindu bahkan Konghucu. Keenam agama ini seharusnya mampu berdampingan dalam hidup bermasyarakat. Setidaknya prinsip toleransi harus dihadirkan antar umat beragama.

Adanya keberagaman ras

Kini ada pula perbedaan ras yang berada di negara Indonesia. Meskipun banyak perbedaan ras pastinya harus tetap bersatu. Asal mula dari keberagaman ras yang ada di Indonesia ini tak lain karena beberapa faktor seperti halnya munculnya bangsa asing singgah di Tanah Air. Hingga akhirnya penyebaran ras dunia serta kondisi geografis pun terjadi. Kini sudah banyak sekali ras tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Mulai dari Ras Malayan-Mongoloid yang berada di jawa, Sumatra, Nusa Tenggara Barat, Bali, Sulawesi bahkan Kalimantan. Ada pula ras Melanesoid yang telah mendiami wilayah Maluku, Papua bahkan Nusa Tenggara Timur. Selain itu ada pula ras Asiatic Mongoloid yang kini telah tersebar pula diberbagai wilayah Indonesia seperti halnya Jepang, Tionghoa bahkan Korea. Terakhir ada pula ras Kaukasoid yakni orang Timur Tengah, India, Amerika bahkan juga Eropa.

Betapa pentingnya menjaga toleransi dalam berbagai keberagaman

Meskipun bangsa Indonesia ini menjadi salah satu negara yang kaya akan perbedaan sekaligus keberagaman. Kita sebagai warga negara seharusnya mampu menumbuhkan rasa toleransi serta gotong royong. Dimana rasa tersebut mampu memperkuat persatuan serta kesatuan bangsa Indonesia. Tiada yang namanya perpecahan ketika anda sudah menjaga sikap toleransi.

Meskipun terkadang keberagaman serta perbedaan ini begitu rentan menjadikan Indonesia terpecah belah. Perpecahan di masyarakat nantinya mampu memicu sebuah permasalahan yang membuat banyak pihak merasa rugi.

Inilah mengapa penting sekali menanamkan sikap toleransi antara satu dengan lainnya. Selalu menjaga erat persaudaraan jangan sampai terpisahkan. Selalu ingat akan semboyan bangsa Indonesia yakni Bhinneka Tunggal Ika. Perlu sekali bagi kita menanamkan sikap toleransi sejak dini agar nantinya mampu menerima setiap perbedaan yang ada.

Adapun beberapa contoh dari perilaku toleransi seperti halnya memberikan kesempatan pada tetangga saat masuk waktu ibadahnya. Dari sini tolong-menolong antar warga harus dilakukan. Apalagi ketika tetangga ada acara pastinya kita harus membantu mereka. Kita pun juga harus mampu menghargai setiap perbedaan budaya di negara bangsa Indonesia.

Sikap sekaligus perilaku tolerasi terkait keberagaman masyarakat menjadi sebuah kunci untuk tingkatkan rasa kesatuan serta persatuan bangsa. Hingga akhirnya proses perpecahan masyarakat pun bisa terhindarkan. Setiap individu pun seharusnya mampu mengaplikasikan perilaku toleransi terhadap keberagaman agama, ras, suku,budaya bahkan juga antar golongan sekalipun.

Itulah tadi sekilas uraian menarik mengenai semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Semoga saja dengan hadirnya penjelasan di atas mampu memperluas pengetahuan kita. Hingga akhirnya kita sebagai warga negara Indonesia semakin mengerti betapa pentingnya menjaga perdamaian bangsa. Rasa toleransi pun harus dihadirkan dalam hidup bermasyarakat.

Hal tersebut dilakukan supaya nantinya bangsa Indonesia tetap utuh dan selalu harmonis. Kini kita harus mampu menjunjung tinggi semboyan yang telah ada. Jangan sampai semuanya runtuh hanya karena perpecahan yang terjadi. Menerapkan sikap toleransi menjadi jalan bagi warga mempererat tali persaudaraan. Jadi kita harus selalu menghormati dan menghargai keberagaman yang ada di negara ini.

 

Kata Kunci Pencarian:

  • Konsepsi Wawasan Nusantara Aspirasinya Dalam Semboyan Bhinneka Tunggal Ika
  • Lagu Nasional Bhinneka Tunggal Ika
  • Sumpah Pemuda Dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika
  • Lirik Lagu Nasional Bhinneka Tunggal Ika
  • Soal Pilihan Ganda Tentang Sumpah Pemuda Dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika
  • Ppt Sumpah Pemuda Dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika
  • Makalah Sumpah Pemuda Dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika
  • Aksi Bhinneka Tunggal Ika
  • Aksara Jawa Bhinneka Tunggal Ika
  • Acara Bhinneka Tunggal Ika