fbpx
Alasan Bangsa Indonesia Memperjuangkan Kemerdekaan

Alasan Bangsa Indonesia Memperjuangkan Kemerdekaan

Dalam menggapai sebuah kemerdekaan, Indonesia memiliki sejarah yang sangat panjang. Bahkan bukan hal yang mudah bagi Indonesia dalam meraih kemerdekaan yang hakiki. Hal tersebut didasari oleh penjajah yang melakukan tindakan sewenang-wenang, hingga membuat Indonesia menjadi tak bisa menentukan arah nasibnya. Berikut alasan Bangsa Indonesia memperjuangkan kemerdekaan yang bisa Anda ketahui. Silakan disimak penjelasan berikut ya!

Kemudian, pembacaan proklamasi yang dibacakan oleh Ir. Soekarno merupakan sebuah pernyataan resmi bahwa Indonesia terbebas dari penjajah. Selain itu, proklamasi juga menjadi tanda berakhirnya masa masa penjajahan sekaligus menjadi kemerdekaan bagi Indonesia.

Proklamasi tersebut menjadikan Indonesia sebagai nagar yang berdaulat. Hal ini yang membuat Indonesia bisa bebas dalam menentukan nasibnya. Indonesia sudah tak lagi dibelenggu oleh penjajah. Sehingga, peristiwa tersebut memberikan perubahan besar pada negara Indonesia.

Kemudian terdapat berbagai macam alasan Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan. Hal ini termaktub dalam Pembukaan Undang Undang Dasar 1945 di alenia pertama. Disebutkan bahwa ‘Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa’. Lalu mengenai lebih jelasnya, disebutkan di bawah ini.

Alasan Bangsa Indonesia Memperjuangkan Kemerdekaan

Seluruh bangsa Indonesia pasti tahu bahwa perjuangan kemerdekaan Indonesia tak lepas dari perjuangan rakyat dan pahlawan nasional Indonesia. Sebab di tangah penjajagh, bangsa Indonesia tak bisa berupaya meraih kemerdekaan. Pada dasarnya, perjuangan kemerdekaan Indonesia sendiri dikarekanakan penjajahan Jepang yang mengakibatkan bangsa Indonesia menderita.

Baca Juga:  12 Daftar Lagu Kemerdekaan Indonesia

Baca juga: Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Makna Bhinneka Tunggal Ika

Penjajah Jepang memaksa bangsa Indonesia agar membungkukkan badan. Hal tersebut dilakukan untuk menghormati matahari. Bahkan parahnya lagi adalah, mereka memaksa rakyat untuk kerja paksa atau romusha dan melakukan hal yang tak wajar lainnya.

Kemudian, terdapat beberapa faktor internal dan eksternal yang memberikan paham nasionalisme. Sehingga bangsa Indonesia berani memperjuangkan kemerdekaan. Berikut diantaranya:

Baca Juga:  Sejarah dan Penjelasan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Faktor Internal

  • Penjajahan membuat rakyat Indonesia mengalami penderitaan.
  • Adanya kejayaan pada masa lalu di Indonesia, seperti Kerajaan Majapahit atau Kerajaan Sriwijaya.
  • Terdapat sebuah deskriminasi rasial.
  • Muncul kaum intelektual yang menjadi pemimpin pergerakan nasional.

Faktor Eksternal

  • Bangkitnya nasional pada Asia dan Afrikan. Misalkan pada All Indian National Congres 1885 dan Gandhisme di India.
  • Muncul sebuah ideologi baru yang berasal dari Eropa dan Amerika yang masuk ke Indonesia, seperti nasionalisme, demokrasi, liberalisme, dan sosialisme.
  • Kemenangan Jepang atas Rusia pada tahun 1905 yang membuat bangsa Asia bangkit dan sadar untuk melawan bangsa barat dan bangsa penjajah.

Seperti yang sudah disebutkan di atas tadi, bahwa bangsa Indonesa dalam meraih kemerdekaan sudah termaktub dalam Pembukaan UUD 1945. Pada alenia pertama, alasan bangsa Indonesia memperjuangkan kemerdekaan dikarenakan kemerdekaan merupakan hak segala bangsa.

Kemudian penjelasan mengenai Indonesia memperjuangkan Kemerdekaan terdapat pada alenia-alenia berikutnya. Lalu pada alenia ke empat, terdapat sebuah alasan utama bangsa Indonesia memperjuangkan kemerdekaan, yakni demi masa depan seluruh penduduk di Indonesia.

Baca Juga:  Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Makna Bhinneka Tunggal Ika

Lalu pada alenia keempat Pembukaan UUD 1945, terdapat juga alasan bangsa Indonesia memperjuangkan kemerdekaan, yakni mengenai melindungi segenap bangsa secara lahir dan batin. Hal ini yang kemudian menimbulkan rasa aman ketika berada di Tanah Air Indonesia.

Selain itu, Bangsa Indonesia Memperjuangkan Kemerdekaan yang lain adalah dalam memajukan kesejahteraan umum. Artinya, bahwa bangsa Indonesia akan menjadi lebih makmur dan lebih sejahtera dibanding pada masa penjajahan.

Kemudian yang terakhir adalah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sendiri. Sebab dalam Memperjuangkan Kemerdekaan juga membutuhkan sebuah pendidikan yang berkualitas. Sehingga akan memunculkan banyak orang pintar yang bisa membangun Indonesia.

Kemerdakaan di Indonesia juga sudah termasuk melaksanakan ketertiban dunia. Yang mana di dalamnya berlandaskan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.