fbpx
Makna Sumpah Pemuda Bagi Perjuangan Kemerdekaan

Makna Sumpah Pemuda Bagi Perjuangan Kemerdekaan

Pada tahun 1928, Indonesia sudah mulai mengalami kebangkitan. Salah satunya ditandai dengan berdirinya Organisasi Budi Utomo. Kemudian dengan berdirinya organisasi tersebut, memicu munculnya berbagai macam organisasi yang lain. Salah satunya adalah organisasi pemuda. Kemunculan organisasi pemuda tersebut membawa semangat keinginan dan cita cita bangsa. Salah satunya untuk meraih kemerdekaan melalui ikrar sumpa pemuda. Bagaimana makna sumpah pemuda hari ini? Berikut ulasannya, disimak ya!

Pengertian Sumpah Pemuda

Kemudian dengan sumpah pemuda sendiri merupakan sebuah ikrar atau janji yang dilakukan oleh semua organisasi pemuda Indonesia yang didalamnya tentang komitmen dalam menjaga tanah air, satu tumpah darah, dan satu bahasa yang berdaulat dalam menggapai cita-cita bangsa, yaitu kemerdekaan negara Indonesia.

Namun sebenarnya bagaimana ceritanya sehingga hal seperti itu bisa terjadi, padahal ketika itu bangsa Indonesia masih dijajah. Pemerintah Kolonial Belanda masih mencekeram kebebasan bangsa Indonesia, dan beberapa tahun setelahnya meraih kemerdekaan.

Baca Juga:  Metode Belajar di Tempat Les Calistung ala Bimbel Royal Education

Menganai kisah tersebut, serajah sumpah pemuda menjadi salah satu yang berperan besar dalam kemerdekaan. Hal ini dikarenakan sokongan dari berbagai organisasi pemuda. Banyak sekali organisasi pemuda yang didirikan oleh para pemula yang melakukan dobrakan di nusantara. Salah satunya adalah pemuda pelajar yang didirikan oleh Budi Utomo.

Baca juga: Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Makna Bhinneka Tunggal Ika

Isi Sumpah Pemuda

Pada pertemuan yang dilaksanakan pada tanggal 27 sampai 28 Oktober 1928 di Jakarta menghasilkan3 isi Sumpah Pemuda, yaitu:

  1. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.
  2. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
  3. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Arti dan Makna Sumpah Pemuda bagi Perjuangan Kemerdekaan

Seperti diketahui, sumpah pemuda didirikan pada tanggal 28 Oktober 1928. Kemunculan para pemuda ini tak hanya dalam meraih kemerdekaan saja, melainkan juga untuk mempertegas bahwa bangsa Indonesia adalah sebuah negara.

Kemudian jika diulas lebih mendalam, sumpah pemuda sendiri merupakan sebuah jiwa dan semangat yang terpatri di dalam hati pada pemuda dalam mempertegas jati diri bangsa. Makna yang tersirat dalam sumpah pemuda adalah sebuah semangat yang dibangun atas dasar kesamaan nasib dan cita-cita. Lalu dibungkus dengan sebuah komitmen senasib sepenanggungan sebagai sebuah bangsa, satu tanah air, satu bahasa yang universal antarbangsa, yakni bahasa Indonesia.

Baca Juga:  Link Download 40+ Twibbon Selamat Hari Waisak 2021 Beserta Contoh Ucapannya

Sebenarnya makna utama dari sumpah pemuda adalah sebuah pematri jati diri bangsa. Kemudian di dalamnya terdapat keinginan seluruh bangsa Indonesia untuk bersatu dan bersama dalam menumbuhkan dan mengusahakan kedaulatan atau kemerdekaan negara Indonesia.

Sedangkan dengan puncak semangat sumpah pemuda terjadi pada 17 Agustus 1945. Hal tersebut terjadi saat Soekarno Hatta atas nama Indonesia membacakan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Kemudian sejak saat itu juga, Indonesia yang terdiri dari berbagai etnis, agama, dan golongan menjadi bangsa yang merdeka dan bersatu.

Baca juga: Sejarah dan Penjelasan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Nilai Nilai Luhur yang Terkandung dalam Sumpah Pemuda

Sumpah pemuda memiliki makna yang sangat penting dan besar. Lalu sumpah pemuda di dalamnya terdapat banyak sekali nilai luhur yang mematri persatuan bangsa. Selanjutnya, di dalam sumpah pemuda sendiri terdapat sangat banyak nilai luhur yang terkandung di dalamnya.

Baca Juga:  30+ Link Twibbon Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021 & Tutorial Twibbon untuk Medsos

Sudah seharusnya para pemuda saat ini mengetahui nilai yang terkandung di dalam sumpah pemuda. Di bawah ini merupakan nilai luhur dari sumpah pemuda yang bisa menjadi pedoman bagi pemuda zaman sekarang, diantaranya adalah:

  • Cinta Bangsa dan Tanah Air
  • Persatuan
  • Sikap Rela Berkorban
  • Mengutamakan Kepentingan Bangsa
  • Dapat Menerima dan Menghargai Perbedaan
  • Semangat Persaudaraan
  • Meningkatkan Semangat Gotong Royong atau kerjasama.

Nilai-nilai dari sumpah pemuda tersebut bisa menjadikan pemuda saat ini memahami tentang kandungan di dalamnya. Dengan demikian, pemuda bisa mengetahui makna agung dari sumpah pemuda dan bahkan sekaligus kisah mengenai berdirinya atau kemunculan sumpah pemuda yang sakral ini.

Film Sumpah Pemuda di Youtube

Kata Kunci Pencarian:

  • Youtube Sumpah Pemuda
  • 4 Arti Pentingnya Sumpah Pemuda Bagi Bangsa Indonesia
  • 3 Tokoh Sumpah Pemuda
  • 3 Semangat Dan Komitmen Dalam Perumusan Sumpah Pemuda
  • 3 Nilai Yang Terkandung Dalam Sumpah Pemuda
  • 3 Makna Sumpah Pemuda Bagi Bangsa Indonesia
  • 3 Makna Sumpah Pemuda
  • 3 Isi Sumpah Pemuda
  • 28 Oktober Sumpah Pemuda
  • 28 Oktober Hari Sumpah Pemuda